BBGRM, Kelurahan Air Manis Perbaiki Jalur Evakuasi Tsunami

BBGRM 2023— Warga di Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan melakukan gotong royong memperbaiki kurang lebih 130 meter jalan yang menjadi jalur evakuasi tsunami.

AIR MANIS, METRO–Sebagai kelurahan yang tepat berada di bibir pantai, Kelurahan Air Manis Kecamatan Padang Selatan memang menjadi salah satu kelurahan yang rawan akan terdampak bencana tsunami.

Untuk itu, selain sosialisasi, kelengkapan sarana dan prasarana pendukung sangat dibutuhkan, se­bagai antisipasi jika terjadi bencana alam tersebut, sehingga dapat memini­ma­lisir jatuhnya korban jiwa. Salah satu sarana pendukung yang sangat dibutuhkan adalah adanya jalur evaluasi tsunami.

Menyadari pentingnya hal tersebut, masyarakat dan pemerintah kelurahan Air Manis menetapkan per­­baikan jalur evakuasi tsunami menjadi sasaran uta­ma kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Ma­sya­ra­kat (BBGRM) 2023 di ke­lu­rahan yang terkenal de­ngan objek wisata Batu Malin Kundang tersebut.

Lurah Air Manis No­frizal Aswandi menga­ta­kan, untuk BBGRM tahun 2023 ini, berhasil dilakukan terhadap kurang lebih 130 meter jalan yang menjadi jalur evakuasi tsunami. “Masyarakat sangat men­dukung langkah ini, terlebih Kelurahan Air Manis juga telah ditetapkan sebagai salah satu kelurahan tang­guh bencana di Kota Pa­dang,” ujar Lurah Nofrizal.

Jalur evakuasi tsunami yang diperbaiki dimulai dari bibir pantai atau tepat­nya di dekat Batu Malin Kundang hingga ke lokasi ketinggian ke arah Pela­buhan Teluk Bayur

Selain untuk jalur eva­luasi tsunami, nantinya jalur ini juga dapat memu­dahkan akses masyarakat ke arah objek wisata Batu Malin Kundang yang men­jadi simbol pariwisata ka­wasan Pantai Air Manis, mau­pun Kota Padang.

“Kita harapkan penger­jaan jalur evaluasi ini me­miliki efek ganda, di satu sisi sebagai jalur penye­la­matan jika terjadi tsunami, disisi lain semakin me­mudahkan wisatawan un­tuk mengakses objek wi­sata,” pungkas Nofrizal. (MC/rel)

Exit mobile version