Atap Rumah Warga Beterbangan Diterjang Hujan Angin Kencang di Kecamatan Lubuk Kilangan

ATAP BETERBANGAN— Hujan deras disertai angin kencang pada Jumat (27/1) siang menyebabkan sejumlah atap rumah warga di Kotolalang, Kecamatan Lubukkilangan beterbangan.

KOTOLALANG, METRO–Hujan deras dan angin kencang yang terjadi pada Jumat (27/1) pagi membuat sejumlah atap warga beterbangan di kawasan Koto Lalang, Kecamatan Lubuk Kilangan.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Endrizal mengatakan, atap rumah warga tersebut lepas karena tak kuat menahan laju angin. “Memang pada pagi hingga siang, hujan cukup deras dengan kecepatan angin yang kencang, itu yang membuat atap rumah warga itu pada lepas,” kata Endrizal.

TERIMA BANTUAN— Dinas Sosial Kota Padang menyerahkan bantuan sembako kepada korban terdampak angin puting beliung di Lubuk Kilangan, Jumat (27/1) siang.

Meski tidak ada korban jiwa, katanya, kerugian materil dalam kejadian tersebut mencapai belasan juta rupiah.

“Kami mengimbau ma­sya­rakat untuk tetap ber­hati-hati dan waspada ter­hadap potensi bencana lain­nya,” katanya.

Data yang berhasil di­him­pun, terdapat sejumlah warga yang menjadi kor­ban terdampak, di anta­ranya, Dayati (65 tahun), Syamsul Bahri (46 tahun) dan Bainar (65 tahun).

Endrizal juga meng­imbau masyarakat agar waspada terhadap prediksi perubahan cuaca angin kencang disertai curah hujan tinggi hingga akhir Januari 2023 ini. “Masya­rakat harus tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang bisa terjadi kapan saja. Angin kencang bisa berdampak pada pohon tumbang, atap rumah ru­sak dan lainnya. Kita tidak tahu kapan bencana itu datang, namun yang perlu diingatkan untuk te­tap was­pada,” pungkasnya.

Bantuan

Sejumlah korban ter­dampak angin puting be­liung di Kotolalang harus diungsikan dan menginap di rumah sanak famili untuk sementara waktu. Untuk meringankan penderitaan, sejumlah warga ter­dam­pak menerima bantuan kebutuhan bahan pokok dari Pemko Padang.

“Masing-masing Ke­pala Keluarga (KK) diber­i­kan beras, mie instan, mi­nyak goreng, sarden, saus, gula, kopi dan roti,” kata Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos Kota Padang, Devi Susanti Razif.

Data terbaru dari Pusat Kendali Operasi Penang­gu­langan Bencana (Pus­dalops PB) Kota Padang, terdapat tujuh KK menjadi korban terdampak angin puting beliung di Lubuk Kilangan. (rom)

Exit mobile version