Momen Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-62, Kepastian Hukum, Humanis, Menuju Pemulihan Ekonomi

ANJANGSANA— Kajari Agam Rio Rizal SH,MH bersama seluruh pegawai di lingkungan Kejari Agam melaksanakan kegiatan anjangsana dalam rangkaian kegiatan memperingati HBA ke -62.

Dalam rangka mem­peringati Hari Bhakti Adhy­aksa (HBA) ke-62 dan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhy­aksa Dharmakarini ke- 22 Tahun 2022, Kejak­saan Negeri (Kejari) Agam, Cab­jari Agam di Maninjau mengadakan kegiatan bak­ti sosial dengan pem­berian sembako kepada Panti Asuhan Aisyiyah Batu Kambing.

Disamping itu, momen HBA ke-62 ini tidak lupa melaksanakan bakti sosial kepada bunda kerja atau pensiunan Kejaksaan di Lubuk Basung dan di Ma­ninjau serta melaksa­na­kan ziarah kubur ke Ta­man Makam Pahlawan (TMP) Siti Manggopoh yang dihadiri oleh Kejari Agam Rio Rizal, SH. MH, Kacabjari Agam di Ma­ninjau, para Kasi, Kasu­bag­­bin, Pegawai dan PP­NPN Kejari dan Cabjari Agam di Maninjau dan Wakil Ketua beserta ang­gota IAD Daerah Agam.

Rangkaian kegiatan momen HBA selanjutnya adalah melakukan kegia­tan pekan olahraga yang diadakan oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat yang dibuka langsung oleh Kajati Sumbar Yusron, SH. MH yang mempertan­ding­kan semua satker yang ada di wilayah Kejaksaan tinggi Sumbar dengan per­tandingan yang diper­lom­bakan adalah Futsal, Tenis Meja dan Badminton.

Selanjutnya, Kejak­sa­an Negeri Agam juga me­ngadakan acara pekan olahraga dengan mem­per­tandingkan 3 cabang olahraga yaitu Badminton, Tenis Meja dan permainan Domino. Pertandingan ter­­sebut diikuti oleh selu­ruh Pegawai Kejaksaan Negeri Agam.

Kemudian rangkaian terakhir sebelum hari pun­cak tanggal 22 Juli 2022, Kejaksaan Negeri Agam melaksanakan kegiatan Jalan Santai dan Senam pagi bertempat di Hala­man depan Kantor Kejak­saan Negeri Agam.

Kejari Agam Rio Rizal dalam sambutan Jaksa Agung RI menyampaikan bahwa 7 Perintah Harian untuk diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik dan sungguh-sungguh, sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas ke­pada seluruh jajaran Ke­luarga Besar Adhyaksa dimana­pun berada.

Jaksa Agung dalam amanatnya me­nyam­pai­kan, peringatan HBA me­rupakan momentum un­tuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas se­mua yang telah dikerja­kan se­lama setahun ter­akhir, dan menyusun stra­tegi guna mempersiapkan diri meng­hadapi tanta­ngan di masa yang akan datang.

”Saya ucapkan terima kasih dan mengapresiasi kerja keras seluruh jaja­ran dalam meningkatkan citra institusi, sehingga masya­rakat mampu me­rasakan kehadiran negara dalam setiap problema­tika hu­kum,”ujarnya.

Terobosan berikutnya adalah menghadirkan Ru­mah Restorative Justice guna menyerap keadilan di tengah masyarakat, serta untuk menggali nilai-nilai kearifan lokal yang eksis di tengah masya­rakat de­ngan melibatkan tokoh masyarakat, adat, dan aga­ma, sehingga akan ter­cipta kesejukan dan perda­maian yang da­pat dirasa­kan oleh seluruh warga.

”Oleh karenanya, sa­ya kembali mengajak selu­ruh warga Adhyaksa un­tuk menjaga pelaksanaan keadilan restoratif, dan menjaga asa masyarakat bahwa penegakan hukum bernurani masih ada di negeri ini, serta saya ingat­kan jangan pernah nodai kepercayaan ma­syarakat,”sebutnya.

Disamping itu Mene­gaskan kembali hal-hal yang telah dikemukakan Jaksa Agung, di akhir sam­butan pada HBA ke-62 ini, Jaksa Agung menyam­paikan 7 Perintah Harian untuk diperhatikan dan dilaksa­nakan dengan baik dan sungguh-sungguh, seba­gai pedoman dalam pelak­sanaan tugas kepada selu­ruh jajaran Keluarga Be­sar Adhyaksa dimanapun berada.

Ketujuh perintah ha­rian tersebut adalah. Ting­katkan kapabilitas, ka­pasitas, dan integritas dalam mengemban kewe­nangan berdasarkan Un­dang-Undang.

Kedepankan hati nura­ni dalam setiap pelaksa­naan tugas, fungsi dan kewenangan. Mewujud­kan penegakan hukum yang berorientasi pada perlin­dungan hak dasar manusia.

Tingkatkan penanga­nan perkara yang me­nyangkut kepentingan ma­syarakat. Akselerasi penegakan hukum yang mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Jaga netralitas apa­ratur Kejaksaan guna men­jaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta Tingkatkan transparansi akuntabilitas kinerja Ke­jaksaan. (pry)

Exit mobile version