Produksi Sampah 550 Ton Sehari, Mairizon: Sampah Bukan Tanggung Jawab Pemko saja

Kepala DLH Kota Padang Mairizon

BALAIBARU, METRO–Kepala Dinas Ling­ku­ngan Hidup (DLH)  Kota Pa­dang, Mairizon menga­ta­kan persoalan sampah bu­kan hanya tanggung jawab pemerintah. Tapi juga masyarakat.

Dikatakan Mairizon, saat­ ini sampah yang terangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Aia Dingin sebanyak 550 ton sehari. Berkemungkinan sam­pah masih banyak yang tak terangkut. Terutama yang ada di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) liar atau yang di­buang sembarangan oleh masyarakat.

“Untuk itu kepada ma­syatakat kami menghimbau agar jangan buang sampah sembarangan. An­tarkan sampah itu ke TPS. Biar kami yang angkut ke TPA,”  tandas Mairizon.

Untuk menimimbulkan budaya bergotong royong pada masyarakat, pada 17 Juli nanti, Wali Kota Padang bakal mencanangkan gerakan bergoro. Semua RT dan RW diminta mengkordinir warga  masing-masing untuk melakukan goro di lingkungan masing-masing.

“Minggu kedua setiap bulan, kita akan melakukan gerakan goro bersama. Semoga ini menjadi awal yang bagus untuk ke­pe­dulian masyarakat kita membersihkan lingkungan masing-masing,” katanya.

Di satu sisi ia mengakui bahwa sampai saat ini ma­sih terjadi kekurangan kontainer sampah sebanyak 46 unit lagi. (tin)

Exit mobile version