Kunjungi Warga Anak Aia, Batipuh Panjang

Andre: Irigasi Kasang II harus Diperbaiki
BATIPUH PANJANG, METRO – Calon anggota DPR RI dari Dapil Sumbar 1, Andre Rosiade bertemu dengan masyarakat Anak Aia, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Kototangah, akhir pekan lalu. Warga begitu antusias bertemu Andre dan menceritakan keluh kesah mereka di masa kepemimpinan rezim ini.
Armansyah, mewakili RW setempat menyebutkan, mereka berharap Andre Rosiade berjanji memperjuangkan perbaikan irigasi Kasang II yang melintasi daerah mereka. Sudah sejak lama, irigasi itu tak bisa digunakan lagi. Padahal, dulu adalah tempat warga mandi, kebutuhan rumah sampai persawahan.
“Sekarang, daun rumput saja tidak hanyut,” kata Armansyah dalam pertemuan yang juga diikuti calon anggota DPRD Padang Dapil I (Kototangah), Herawati Johan dan calon anggota DPRD Sumbar, Nurhaida di lokasi yang tak jauh dari Rumah Tahanan Anak Aia, Padang.
Armansyah menyebutkan, irigasi ini sudah digunakan sejak 1980-an waktu masih dalam status Inpres Desa Tertinggal (IDT) di bawah Kabupaten Padangpariaman. Namun, setelah dinyatakan masuk Kota Padang, malah tidak terawat dan membahayakan. “Kami ingin, Pemko Padang, Pemprov Sumbar dan pusat bisa meliriknya. Kami minta bantu Pak Andre,” katanya.
Herawati Johan yang mendengar itu juga siap memperjuangkan perbaikan irigasi Kasang II (Batang Kasang II) andai terpilih menjadi anggota dewan. Karena, dia mengetahui dengan jelas, bagaimana kondisi Anai Aia dan sekitarnya tanpa irigasi itu. Namun, harapan warga masih terkendala oleh Pemko Padang, karena biaya yang sangat besar.
“Kalau nanti bersama-sama DPRD Padang, DPRD Sumbar dan DPR RI, tentu Irigasi Kasang II ini bisa kembali berfungsi. Bisa mengairi sawah warga Batipuh Panjang dan Kotopanjang Ikua Koto nantinya,” kata pensiunan guru SPG 1 Padang yang juga Wakil Sekretaris Majelis Taklim Indonesia Sumbar ini.
Herawati juga meyakinkan ratusan peserta yang hadir, agar mempercayakan pilihan mereka kepada Andre Rosiade. Karena, Andre dapat menjadi wakil rakyat yang hebat dan diandalkan untuk mengawal kepentingan masyarakat. “Andre Rosiade ini orang muda yang telah menunjukkan kapabelitasnya sebagai pejuang aspirasi masyarakat. Belum terpilih saja sudah berjuang, apalagi kalau sudah duduk nantinya,” sebut pensiunan guru SMAN 10 Padang ini.
Sementara itu caleg DPRD Sumbar, Nurhaida menyebutkan, irigasi Kasang II nantinya akan turut diperjuangkannya jika terpilih. Karena, dia telah melihat sendiri, bagaimana susahnya warga mendapatkan air karena tak adanya irigasi. “Kami juga akan mengajak pak Andre Rosiade mengawalnya,” kata Ketua Asosiasi Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (AKU) Kota Padang ini.
Andre Rosiade menyebutkan, irigasi Kasang II akan diperjuangkannya dan segera dibangun kembali. Dia akan berkoordinasi dengan Fraksi Gerindra DPRD Padang, DPRD Sumbar dan DPR RI untuk memastikan status irigasi tersebut. Bagaimana bisa kembali mengairi sawah di Kelurahan Balai Gadang dan Batipuh Panjang, Kecamatan Kototangah.
“Kami meyakini, Pemko Padang tidak sanggup menuntaskan pembangunan ini, karena dananya sangat besar. Tentunya harus dibantu dana Provinsi dan pusat kalau masih ingin membangun kembali. Inilah tugas kami nantinya sebagai wakil rakyat, memastikan infrasruktur yang bermanfaat bagi warga bisa dimaksimalkan,” kata Wasekjen DPP Gerindra ini.
Andre kembali menyebut, dia ingin mendengar aspirasi warga Anak Aia dan Batipuh Panjang umumnya. Selain irigasi, warga juga mengeluhkan beratnya beban hidup di masa rezim ini. “Insya Allah Prabowo-Sandi akan memenangkan Pilpres 2019 mendatang. Saat ini survei sudah hampir setara dan Januari insya Allah unggul,” kata Andre.
Andre meminta warga agar mencari calon anggota DPR yang peduli terhadap masyarakat. “Yang kami tawarkan, kalau terpilih akan berjuang bersama masyarakat membangun Kota Padang, Sumbar dan Indonesia umumnya. Insya Allah ekonomi kita akan membaik,” kata Andre yang juga melakukan sosialisasi surat suara Pilpres dan Pileg 2019. (ade)

Exit mobile version