Toreh Prestasi, Fadli Rahmadi Pemuda Pelopor Sumbar ke Nasional

PEMUDA PELPOR-- Prestasi membanggakan ditorehkan Fadli Rahmadi berhasil terpilih sebagai Pemuda Pelopor Sumbar tahun 2022.

AGAM,METRO–Prestasi membanggakan kem­bali ditorehkan pemuda asal Kabupaten Agam. Kekinian, Rang Sumando Malalak, Fadli Rahmadi S Hut berhasil terpilih sebagai Pemuda Pelopor Sumbar tahun 2022. Pemuda asli Baso ini berhasil memeroleh nilai tertinggi kepeloporan bidang pangan de­ngan perolehan nilai rata-rata 8,790.

Sebelumnya ia menjalani fact finding di bawah pengawasan juri, Rahmawati Koto beberapa waktu laku. Dalam kesempatan itu Fadli bercerita, ia merupakan satu-satunya pemuda pelopor asal Kabupaten Agam yang melaju ke tingkat nasional pada tahun ini.

Inovasi di bidang pangan yang diterapkannya di Malalak Barat sukses mencuri perhatian juri Pemuda Pelopor Provinsi Sumbar. “Konsep pemberdayaan yang saya lakukan yakni bertajuk inovasi pangan lestari dan berkelanjutan sirup kulit manis malbar cassiavera bebas limbah dan pertama di Indonesia,” ujar Fadli.

Inovasi pemuda kelahiran 27 tahun ini dinilai berhasil memajukan SDM sekaligus meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di Malalak. Fadli melakukan kepeloporannya dengan mengorganisir masyarakat. Melalui Ke­lompok Wanita Tani Hutan – Aktivitas Wanita Rajin (KWTH-AWR) masyarakat didorong mempro­duksi sirup berbahan kulit manis.

Nilai tambah sirup produksi industri rumah tangga terbebas dari limbah. Pasalnya, sisa limbah pro­duksi masih bisa dimanfaatkan untuk bahan kebutuhan rumah tangga lainnya “Sirup Kulit manis yang sa­ya ciptakan merupakan produk pertama di Sumbar, kami memakai tum­buhan alami sebagai pengawet dan limbah yang dihasilkan kami o­lah menjadi pupuk dan bricket,” te­rang Fadli.

Menjelang penilaian tingkat nasional, Fadli me­nga­ku, tengah me­la­kukan sejumlah persiapan, baik soal administrasi maupun materi penilaian. Selain itu, demi kelancaran penilaian nanti, ia berharap ma­syarakat Kabupaten Agam khususnya, Provinsi Sumbar umumnya, agar turut mendoakan perjuangan­nya di tingkat nasio­nal.

“Tertumpang harapan kepada masyarakat. se­moga Fadli bisa meraih prestasi di tingkat Nasio­nal dan mengharumkan nama Provinsi Sumatera Barat,” ujar­nya.

Terpisah, Bupati Agam Andri Warman secara khusus mengapresiasi prestasi yang ditorehkan Rang Sumando Malalak ini. Menurutnya, Fa­dli Rahmadi me­rupakan so­sok pemuda yang aktif bergerak di bidang sosial eko­nomi, pertanian dan ketaha­nan pa­ngan.

Bupati menilai, upaya Fadli mengolah kulit manis menjadi sirup telah mengangkat kem­bali kejayaan tanam rempah yang melimpah di Malalak itu.

Sistem produksi tanpa limbah yang diterapkannya juga mendapat pujian. Sehingga kepeloporan yang digiatkannya tidak ha­nya berdampak kepada ma­syarakat tapi juga lingkungan. “Selamat kepada Fadli, kami bangga kepada ananda, terus berjuang tetap semangat, semoga sukses menjadi pemuda pelopor tingkat nasional,” ujar­nya. (pry)

Exit mobile version