Nelayan Pessel Terima Paket Bantuan dari Kementerian

PESSEL, METRO – Nelayan di Kabupaten Pesisir Selatan bakal kembali menerima 19 paket bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) pada 2019.
”Sebanyak 19 paket bantuan tersebut terdiri dari kapal, mesin, alat tangkap dan pelampung,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya, Dinas Perikanan Pessel Afriman Julta di Painan, Senin (11/2).
Ia menambahkan, 19 kapal dalam paket tersebut berbeda ukuran, 17 diantara berukuran tiga GT dan dua lainnya berukuran lima GT. Menurutnya, paket bantuan dari pemerintah merupakan upaya agar nelayan mampu menangkap ikan dengan maksimal.
”Dengan tangkapan yang maksimal diharapkan perekonomian nelayan meningkat sehingga mereka bisa mencukupi kebutuhan keluarga hingga menyekolahkan anaknya ke tingkat yang lebih tinggi,” katanya.
Hanya saja jelasnya, paket bantuan hanya akan diserahkan kepada kelompok nelayan yang telah berbadan hukum sebagai persyaratan mutlak. Selain itu, kelompok penerima juga mesti melewati tahapan seleksi sehingga diketahui kelompok penerima layak atau tidak.
Dalam pelaksanaannya, pihaknya juga melibatkan kejaksaan setempat sehingga bantuan yang disalurkran menjadi lebih tepat sasaran.
Karena menurutnya, ketidaktepatan pendistribusian hanya akan menjadi masalah dikemudian hari mulai dari gesekan emosional antarnelayan hingga sanksi pidana.
Berikutnya, ketidaktepatan pendistribusian juga akan menyebabkan nelayan setempat sulit mendapat bantuan berikutnya karena hilangnya kepercayaan pejabat pemberi bantuan. (rio)

Exit mobile version