Satlantas Sukseskan Millenial Road Safety Festival

BUKITTINGGI, METRO – Menyukseskan Millennial Road Safety Festival (MRSF) 2019, Satlantas Polres Bukittinggi giat melakukan sosialisasi ke sekolah, kampus, sopir angkutan pedesaaan dan perkotaan, kantor dinas dan instansi, dengan tujuan mengajak seluruh pihak turut berpartisipasi menjadi agen pelopor tertib berlalu lintas, Minggu (10/2)
Kasat Lantas Polres Bukittinggi, AKP M. Rizky Cholid menjelaskan, seluruh pengendara baik itu roda dua dan roda empat hendaknya memahami cara berkendara yang benar di jalan raya.Maka dari itu petugas yang turun langsung ke lapangan memberikan arahan dan sosialisasi, sehingga mereka menyadari arti pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas.
“Selain disiplin oleh diri sendiri dengan mematuhi tata tertib lalu lintas, keselamatan di jalan raya itu juga menjadi tanggung jawab seluruh pengendara. Karena awal dari terjadinya kecelakaan karena adanya pelanggaran yang dilakukan, dan dengan gencarnya sosialisasi MRSF ini para pengendara menyadari akan hal itu,” ujar Rizky.
Seperti halnya sopir angkutan pedesaan dan perkotaan sambung M Rizky Cholid, mereka memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang. Untuk itu diminta kepada sopir angkutan untuk berkendara dengan baik dan benar, lebih waspada dan hati-hati dalam berkendara, serta ikut menjadi agen pelopor tertib berlalu lintas.
“Sementara itu kepada siswa dan mahasiswa yang tergolong kaum millenial, juga harus taat dengan aturan berlalu lintas, mengingat usia mereka merupakan pengguna kendaraan usia dini, dan sosialisasi ini juga untuk mengingatkan kepada mereka agar tidak menambah angka kecelakaan, karena pada umunya generasi mudalah yang banyak menjadi korban,” kata Rizky.
Menurut Rizky, manfaat kegiatan ini adalah mewujudkan Millennial yang Cinta Lalu lintas menuju Indonesia Gemilang, serta meningkatkan peran generasi milenial terhadap road safety dan menjadi pelopor tertib berlalu lintas.
“Kegiatan puncak MRSF 2019 akan dilaksanakan 10 Maret 2019 di Lapangan Wirabraja Bukittinggi, dengan kegiatan jalan santai start lapangan Wirabraja finish Jam Gadang di lanjutkan dengan senam kolosal yang direncanakan melibatkan 3000 peserta dan kegiatan safety ridding di Lapangan Wirabraja,” ungkap Rizky.
Kanit Dikyasa Satlantas Polres Bukittinggi Ipda Yasliman menuturkan, seluruh pengendara terutama supir angkot dapat menjadi pelopor berkendara yang baik, patuh pada peraturan lalulintas sehingga dapat saling menghargai sesama pengguna jalan raya.
“Selain itu kegiatan sosialisasi, kita juga membagikan dan menempelkan stiker MRSF 2019 di kaca depan mobil angkot, mobil dinas dan instanti, agar mereka selalu ingat keselamatan di jalan raya,” terangnya.
Menurut Yasliman, dari beberapa sosialisasi yang telah dilakukan pada umumnya mereka siap mendukung untuk selalu tertib berlalu lintas dijalan raya, dan program ini juga mendukung penegakan hukum lalu lintas, dalam mengimplementasikan road safety, agar terbangunnya budaya tertib berlalu lintas khususnya di kalangan generasi milenial atau generasi penerus bangsa. (cr8)

Exit mobile version