2019, PSDA Prioritaskan  Irigasi dan Normalisasi Sungai

PESSEL, METRO – Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2019 memprioritaskan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), yaitu peningkatan irigasi dan peningkatan normalisasi sungai, yang ada 5 Kecamatan.
Ada lima Kecamatan di Pessel menjadi prioritas PSDA Pessel untuk peningkatan normalisasi sungai, yaitu Kecamatan Bayang, Kecamatan Lengayang, Kecamatan Tapan, Kecamatan Batang Kapas dan Kecamatan Ranah Pesisir.
Hal itu diungkapkan Kepala Dinas PSDA Pessel Doni Guzrizal, pada tahun 2019 ini dinasnya ke dari anggaran dari APBN Pusat sebesar Rp. 23 miliar, sedangkan dari DAK Rp. 7 miliar. Anggaran nantinya digunakan untuk normalisasi dan pembangunan irigasi yang ada di 15 Kecamatan.
“ Ada lima sungai besar ada di 5 Kecamatan pada tahun ini akan dilakukan normalisasi,” ujar Doni, Jumat (8/2)
Terang Doni, untuk program irigasi di tahun 2019 akan dilakukan di 15 Kecamatan, diharapkan dengan normalisasi sungai dan peningkatan irigasi sungai jika terjadi hujan masyarakat yang berada di sepanjang aliran sungai besar tidak lagi akan banjir.
PSDA Pessel  sendiri saat ini juga sedang melakukan pendataan dan pemetaan sungai – sungai besar dan kecil ada diwilayahnya, karena sebagian kewenanganya ada di Provinsi. Jika, anggaran itu besar maka akan diusulkan ke Kementerian. (rio)

Exit mobile version