Kemenag Sumbar Lahirkan Berbagai Inovasi

PADANG, METRO – Kemenag Sumbar mengadakan malam tasyakuran, Jumat malam (18/1) di Aula Kanwil Kemenag. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian penutupan Peringatan Hari Amal Bhakti ke 73. Malam tasyakuran ini dihadiri, Kapolda, Danrem, Pimpinan ormas keagamaan, ketua LPTQ, Kakan Kemenag se Sumatera Barat dan para peraih penghargaan nasional dan penerima Kemenag Award.
Seperti diketahui, dalam peringatan Hari Amal Bhakti ke 73 berbagai kegiatan dilaksanakan. mulai dari perlombaan olahraga, gerak jalan sehat kerukunan, donor darah, anjangsana panti asuhan dan jompo, zikir akbar.
Perbedaan dengan tahun sebelumnya, tahun ini Kanwil Kemenag memberikan hadia umrah bagi peserta jalan sehat kerukunan.
Yang tak kalah penting, pada malam resepsi ini, ditampilkan kilas balik Kanwil Kemenag Sumbar dalam satu tahun sekaligus kilas balik kepemimpinan Hendri. Sejak dilantik 22 Desember 2017 Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, Drs. H. Hendri, S. Ag, M. Pd telah menelorkan berbagai inovasi dan prestasi.
Seperti, program 10 Ribu tahfiz bagi siswa madrasah se Sumatera Barat, hasilnya melebihi dari target 10 ribu yang telah ditetapkan. “Saat ini sudah ada 12 ribu tahfiz yang tersebar di madrasah se Sumatera Barat,” ungkapnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, Drs. H. Hendri.
Selain itu, juga ada program literasi sagu sabu (Satu Guru Satu Buku).
“Sebanyak 150 guru madrasah telah melahirkan buku sebagai pembelajaran bagi siswa,” terangnya.
Dia juga menjelaskan soal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), salahsatu upaya transformasi pelayanan publik guna mewujudkan Kementerian Agama yang bersih melayani.
“Keberadaan PTSP, menjadi standar kerja dan kinerja internal Kementerian Agama. Sehingga masyarakat tidak lagi menunggu lama untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan,” ujarnya.
Selama tahun 2018, lanjutnya, Kanwil Kemenag Sumbar juga telah melakukan pembangunan sebagai salahsatu upaya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Untuk meningkat layanan haji, dilakukan revitalisasi asrama Embarkasi haji Tabing Padang dengan dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) empat paket pembangunan, tiga gedung penginapan, pembangunan dapur umum, pembangunan pagar dan rehab Mesjid Darul Hujjaj.
Pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji dibangun dengan dana SBSN. Gedung laboratorium IPA Terpadu dan perpustakaan MAN IC Padang Pariaman Gedung perpustakaan di desain 2 lantai lengkap dengan mobiler.
Gedung laboratorium IPA terpadu dibangun sebanyak 3 ruang juga dilengkapi dengan mobiler. Disamping itu, Kakanwil juga melakukan perubahan pada tampilan gedung kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar. (hsb)

Exit mobile version