Pemerintah Nagari Tandikek Data Kerugian Musibah Bencana

PDG.PARIAMAN. METRO – Jajaran Pemerintahan Nagari Tandikek Selatan, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padangpariaman saat ini terus melakukan pendataan terhadap dampak kerugian yang ditimbulkan musibah banjir yang melanda daerah ini pada Senin lalu.
Seperti diakui Wali Nagari Tandikek Selatan, Maryono, kemarin, sejauh ini pihaknya dari Pemerintahan Nagari telah melakukan pendataan secara intensif kerugian banjir yang melanda Nagari Tandikek Selatan beberapa waktu yang lalu.
“Rencananya data konkret tentang dampak kerugian banjir yang terjadi beberapa waktu lalu akan kita laporkan kepada pihak terkait, dalam hal ini kepada BPBD Padangpariaman, sehingga nantinya bisa ditindaklanjuti sebagaimana mestinya,” terang Maryono.
Maryono menambahkan, secara umum jumlah kerugian yang terjadi akibat musibah banjir beberapa waktu lalu jumlahnya cukup besar, yaitu bisa berkisar Rp350 juta lebih.
“Di antara dampak banjir yang melanda daerah ini diantaranya adanya satu unit jembatan rajang yang putus, di samping itu juga banyaknya lahan pertanian masyarakat yang mengalami kerusakan akibat tergenang air bah. Begitu pula dengan kerusakan saluran irigasi lainnya,” terangnya.
Kerugian lainnya lanjut Maryono seperti banyaknya kolam pembibitan ikan masyarakat di daerah itu, seperti di Sungai Kasian yang hanyut terbawa arus, sehingga dampaknya menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi petani di daerah itu.
“Makanya kita tentu berharap ke depannya hal ini bisa menjadi perhatian serius dari pihak terkait di lingkungan Pemkab Padangpariaman, sehingga berbagai kerusakan akibat musibah banjir yang terjadi beberapa waktu lalu bisa diatasi sebagaimana diharapkan,” terangnya. (efa)

Exit mobile version