Bawaslu Optimalkan Partisipasi Masyarakat Awasi Pemilu

PADANG, METRO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang menggelar rapat pengembangan pengawasan pemilu partisipatif di Hotel Rocky Padang, Senin (12/11). Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Koordinasi Divisi Sengketa Bawaslu RI, Rahmad Bagja, Koordinasi Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sumbar, Elly Yanti, Bawaslu Kota Padang dan Panwascam-panwascam Kota Padang serta organisasi organisasi dan BEM se-Kota Padang.
Dalam arahan, Elly Yanti mengatakan, tujuan dan maksud dari kegiatan tersebut ialah untuk mengajak semua elemen masyarakat bersama-sama mengawasi Pemilu 2019. “Kita ingin mengajak semua elemen masyarakat dan organisasi untuk bersama-sama mengawasi penyelenggaraan pemilu mulai dari proses kampanye sampai dengan menjelang hari pemilihan suara,” ujarnya.
Ia juga mengajak masyarakat agar aktif melakukan pengawasan dengan melaporkan segala bentuk pelanggaran yang terjadi di lapangan. “Pengawasan bisa dilakukan dengan melaporkan pelanggaran pemilu yang terjadi di lapangan dengan mendatangi Bawaslu di daerah tersebut serta membawa bukti pelanggaran yang di lakukan oleh peserta pemilu,” tukasnya.
Pada kesempatan itu, Elly mendorong pembentukan forum warga sebagai wadah partisipasi mereka untuk menyukseskan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019 mendatang.
Sementara itu, Koordinasi Divisi Sengketa Bawaslu RI, Rahmad Bagja mengatakan, semua pihak tentu ingin Pemilu serentak tahun 2019 berjalan lancar, jujur, adil dan sukses. Keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan, sekaligus sebagai edukasi dalam pelaksanaan demokrasi.
Menurutnya, forum ini melibatkan berbagai komponen masyarakat setempat. Diharapkan bisa memperkuat keterlibatan masyarakat dalam pengawasan Pemilu. Ia menjelaskan, pembentukan forum warga untuk pengawasan Pemilu bisa dilakukan dengan mengandeng organisasi-organisasi seperti aktivis kampus, serta masyarakat lainnya.
“Peran stakeholder itu penting karena kita kekurangan SDM. Bawaslu di tingkat kabupaten/kota akan lebih terbantu apabila kita sama-sama ikut berpartisipasi dalam pengawasan pemilu,” ujarnya.
Kemudian, Komisioner Bawaslu Kota Padang, Firdaus juga berharap ada kesadaran bersama semua pemangku kepentingan untuk mewujudkan Pemilu serentak 2019 yang bermartabat dan berkeadilan. “Kita semua mempunyai tugas untuk mengawal terselanggaranya Pemilu yang jurdil, tertib dan bertanggung jawab, sesuai tahapan yang telah diatur dalam atruan perundang-undangan,” tutupnya. (heu)

Exit mobile version