Indosat Ooredoo Cari Bakat Muda jadi Programer

PADANG, METRO – Cetak talenta muda menjadi programer muda, Indosat Ooredoo mencari bibit muda tersebut ke beberapa kampus di Indonesia, termasuk di Sumbar yang digelar di Universitas Andalas (Unand). Kegiatan bertajuk Digital Camp (ID Camp) itu adalah program Corporate Social Responsobility (CSR) di bidang pendidikan.
“Ini merupakan wujud komitmen Indosat Ooredoo mencari bakat muda untuk terjun menjadi programer, apalagi teknologi kini semakin pesat. Maka, kita tidak ingin anak Indonesia tertinggal dengan daerah lain sehingga dengan pendidikan membuat program, mereka dapat ciptakan teknologi terbaru yang dapat digunakan masyarakat dunia,” ujar VP Head Of Sumatra Regional Acoount Indosat Ooredoo, Adrian Lubis didampingi Sales Area Manager Indosat Padang, Martoni, Rabu (11/9).
Ia menambahkan, talenta muda Sumbar sangat antusias untuk mengikuti Id Camp ini. Sebab dalam kegiatan ini tidak hanya talenta muda yang berpendidikan perguruan tinggi saja, namun kegiatan ini diminati pelajar SMP dan SMA serta SMK.
“Belajar coding atau program ini sudah dapat dipelajari tidak hanya mereka yang berpendidikan perguruan tinggi, tetapi juga pelajar. Sebab ini hanya memahami algoritma pemograman, jika mengerti pasti akan mudah saja dalam membuat suatu pemograman untuk diterapkan di teknologi,” katanya.
Ia menjelaskan, sejak peluncuran satu bulan pertama program Id Camp ini peserta yang ingin mengikuti mencapai 15 ribu peserta. Sangat tinggi keinginan peserta untuk berpartisipasi dalam hal ini tentunya sebelum masuk dalam program ini mesti melalui seleksi terlebih dahulu.
“Untuk itu kita menargetkan 10 ribu beasiswa belajar pemograman atau coding ini bagi peserta yang berusia maksimal 29 tahun dan akan berlangsung hingga Februari 2020. Nanti setelah mereka selesaikan program ID Camp ini para lulusan akan dibantu mendapatkan akses pekerjaan di industri digital dengan sertifikat berstandar global,” terangnya.
Selain itu, bagi calon developer yanng memiliki ketebatasan fisik atau difabel akan diberikan pelatihan secara offline (tatap muka).
“Kami ingin mereka yang memiliki keterbatasan fisik juga dapat pelatihan coding atau program ini. Jadi belajar ini bisa dilakukan semuanya,” tandasnya
Kemudian kata Adrian, Indosat Ooredoo juga memiliki Program IM3 DigiTalent bagi para siswa siswi setingkat SMP dan SMA di Indonesia. Program ini mengajak dan menantang generasi muda untuk berani dan kreatif dengan memberikan tantangan tematik yang mengangkat aspek inspiratif, mengenalkan budaya lokal, ekspresi bakat dan hal menarik di sekolah. (heu)

Exit mobile version