PEKANBARU, 30 Juni 2025 — PT PLN (Persero) terus mendorong percepatan transformasi digital layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile. Sebagai bagian dari upaya memperluas pemanfaatan teknologi dan meningkatkan literasi digital publik, PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Tengah (UIP Sumbagteng) mengajak insan media untuk turut serta mendukung dan menggunakan aplikasi PLN Mobile sebagai kanal utama layanan pelanggan berbasis digital.
Kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian kolaborasi komunikasi PLN bersama media, khususnya dalam membangun pemahaman dan pengalaman langsung terhadap layanan digital yang ditawarkan PLN kepada masyarakat.
“Media adalah mitra strategis PLN, bukan hanya dalam penyampaian informasi, tetapi juga dalam menjadi bagian dari perubahan layanan berbasis digital. Kami berharap rekan-rekan media bisa ikut mencoba, merasakan kemudahan PLN Mobile, dan menyampaikan manfaatnya ke masyarakat luas,” ujar Anggraeny Glory, Asman Komunikasi dan TJSL PLN UIP Sumbagteng.
Aplikasi PLN Mobile kini telah menjadi pusat layanan terpadu pelanggan, dengan berbagai fitur yang mempermudah kebutuhan masyarakat, seperti pelaporan gangguan, pembayaran tagihan listrik, pembelian token, layanan tambah daya, pencatatan meter mandiri, hingga pelacakan permohonan layanan secara real time.
Selain itu, PLN Mobile juga menjadi jembatan komunikasi antara pelanggan dan PLN dalam bentuk yang lebih cepat, transparan, dan efisien. Kehadiran aplikasi ini selaras dengan komitmen PLN untuk memberikan pelayanan kelas dunia kepada seluruh pelanggan.
Dalam kesempatan interaksi bersama media, PLN UIP Sumbagteng juga melakukan simulasi penggunaan aplikasi secara langsung dan membagikan panduan praktis pengoperasian PLN Mobile. Kegiatan ini diharapkan dapat memperluas cakupan pengguna aktif dan memperkuat edukasi publik akan pentingnya digitalisasi dalam sektor ketenagalistrikan.