Meningkat 6 Persen, KAI Divre II Sumbar Layani 1,8 Juta Penumpang Selama 2024

KENAIKAN PENUMPANG— Selama 2024, PT KAI Divre II Sumbar melayani 1.816.259 penumpang, meningkat 6% dibanding periode 2023 yaitu sebanyak 1.714.859 penumpang.

PADANG, METRO–Selama tahun 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat melayani 1.816.259 penumpang, meningkat 6% dibanding periode 2023 yaitu sebanyak 1.714.859 penumpang. Rata-rata harian pada tahun 2024 yaitu 4.962 penumpang per hari. Adapun rata-rata harian pada 2023 yaitu 4.698 penumpang per hari.

Rincian volume penumpang pada tahun 2024 yaitu KA Pariaman Ekspres relasi Pauhlima/Padang–Naras pp sebanyak 1.406.397 penumpang, KA Minangkabau Ekspres relasi Bandara Internasional Minangkabau (BIM)–Pulau Air pp sebanyak 291.561 penumpang, dan KA Lem­bah Anai relasi BIM/Duku–Kayu Tanam pp sebanyak 118.301 penumpang.

Kepala KAI Divre II Sumbar M. Tri Setyawan mengungkapkan, pening­katan volume penumpang tersebut ditunjang oleh berbagai faktor, salah satu­nya adanya sejumlah rom­­bongan eduwisata anak-anak sekolah. Di sam­ping itu, minat ma­sya­rakat me­nggunakan kereta api juga semakin meningkat karena ke­reta api menawarkan kenyamanan dengan harga yang murah.

“Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas keper­ca­yaan­nya dalam menggu­na­kan layanan kereta api. KAI Divre II Sumatera Barat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan perjalanan,” kata M. Tri Setyawan, dalam keterangan persnya.

Puncak volume penumpang terjadi di bulan April 2024, bertepatan dengan masa Angkutan Lebaran, dengan rata-rata harian mencapai 5.858 penumpang per hari. Adapun puncak kedua yaitu pada bulan Desember 2024, dengan rata-rata harian mencapai 5.720 penumpang per hari.

Adapun 5 stasiun favorit yang paling banyak melayani penumpang untuk naik-turun KA pada 2024 yaitu Stasiun Padang 946.­801 penumpang, Stasiun Pariaman 710.808 penumpang, Stasiun Air Tawar 275.048 penumpang, Stasiun Naras 198.252 penumpang, dan Stasiun BIM 197.­507 penumpang.

Dari sisi ketepatan waktu keberangkatan ataupun kedatangan kereta api penumpang di Divre II Sumbar, juga mengalami peningkatan performa. Dalam kurun tahun 2024, tingkat ke­­tepatan waktu kebe­rang­­­katan kereta api pe­num­­pang mencapai 99,­84%, meningkat dibanding tahun 2023 yakni 99,51%.

Adapun tingkat ketepatan waktu kedatangan ke­reta api penumpang pada tahun 2024 mencapai 99,­41%, meningkat dibanding tahun 2023 yakni 99,19%.

Perbaikan performa ke­tepatan waktu kereta api ini diraih melalui peningkatan mutu kinerja operasional secara keseluruhan termasuk perawatan sarana dan prasarana. Ketepatan waktu merupakan sa­lah satu keunggulan dari tran­spor­tasi kereta api yang bebas macet, sehingga diminati oleh masya­ra­kat.

“KAI akan terus mela­ku­kan perbaikan-perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan bagi pelanggan serta keselamatan perjalanan kereta api. Dengan upaya peningkatan kualitas secara kontinyu ini, kami berharap kereta api dapat menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perja­lanan,” tutup M. Tri Setyawan. (fan)

Exit mobile version