Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2024, Pepsodent Kenalkan Teknologi AI Denta-Scan

PERESMIAN— Unilever Indonesia melalui Pepsodent bersama PDGI, AFDOKGI, dan ARSGMPI meresmikan BKGN yang tahun ini memasuki kali pelaksanaan ke-15, Kamis (12/9).

JAKARTA, METRO –Unilever Indonesia me­lalui Pepsodent, bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), dan Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI), meresmikan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2024.

Tahun ini, BKGN memasuki edisi ke-15 dengan tema “Berani Unjuk Gigi, Dukung Senyum Indonesia Lebih Kuat”. Program ini kembali menghadirkan pemeriksaan dan perawatan gigi gratis serta layanan konsultasi gigi online “Ta­nya Dokter Gigi by Pepsodent”, yang kini dilengkapi dengan teknologi canggih Pepsodent AI Denta-Scan.

Peluncuran BKGN 2024 ini juga menandai langkah baru Pepsodent sebagai Official Oral Care Partner Tim Nasional Sepak Bola Indonesia.

Distya Tarworo Endri, Head of Marketing Oral Care and Professional Mar­keting Unilever Indonesia, menyatakan bahwa kesehatan gigi dan mulut selalu menjadi fokus utama Pepsodent.

“Selama 15 tahun terakhir, BKGN telah memberikan pemeriksaan dan perawatan gigi gratis kepada lebih dari 1,1 juta masya­rakat di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dalam upaya memperluas dampak positif, BKGN juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan kesehatan gigi, terutama dengan meningkatkan kesadaran menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur, serta melakukan pemeriksaan gigi rutin setiap enam bulan.

Berkat BKGN, jumlah masyarakat yang me­nyi­kat gigi di waktu yang tepat meningkat dari 2,8% pada 2018 menjadi 6,2% pada 2023, dan angka kunjungan ke dokter gigi juga mengalami peningkatan.

Salah satu inovasi menarik di BKGN 2024 adalah hadirnya Pepsodent AI Denta-Scan. Teknologi ini, yang diawali dengan sambutan virtual dari Hamish Daud, Brand Ambassador Pepsodent, memungkinkan masyarakat melakukan screening awal kesehatan gigi dan mulut melalui teknologi AI.

Hasil screening ini kemudian dapat ditindaklanjuti dengan konsultasi langsung bersama dokter gigi melalui chat atau video call. Tidak hanya menguntungkan bagi pengguna, layanan AI ini juga membantu para dokter gigi dalam edukasi dan screening kesehatan gigi, seperti yang dijelaskan oleh drg. Tari Tritarayati, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar PDGI.

“Teknologi ini memberikan akses lebih luas kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka,” ungkapnya.

Dalam acara ini, Pepsodent juga mengumumkan kolaborasi dengan Tim Nasional Sepak Bola Indonesia. Program ini bertujuan untuk mendukung kesehatan gigi para pemain, sehingga mereka dapat menjaga performa terbaik saat bertanding.

Prof. drg. Suryono, Ke­tua AFDOKGI, meng­ung­kapkan bahwa kesehatan gigi para atlet sangat pen­ting untuk menjaga kualitas hidup dan performa mereka di lapangan.

Sebagai bagian dari rangkaian BKGN 2024, Pep­sodent juga menyediakan layanan gratis di 30 Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Rumah Sakit Gigi Mulut Pendidikan (RSGMP) di seluruh Indonesia, yang menargetkan 29.000 pa­sien.

Selain itu, BKGN akan memberikan edukasi kesehatan gigi di sekolah-se­kolah, termasuk sekolah sepak bola dan sekolah inklusi untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

drg. Mirah Afifah menutup acara dengan harapan bahwa melalui BKGN 2024, masyarakat Indonesia bisa lebih berani unjuk gigi de­ngan senyum yang lebih sehat dan kuat. Program ini akan berlangsung dari September hingga Desember 2024, menjangkau berbagai wilayah di seluruh Indonesia. (rom)

Exit mobile version