BNI Latih Korban Banjir Lahar Dingin Pemberdayaan Ekonomi Kreatif

MENGHADIRI PELATIHAN —Kepala Ojk Sumbar Roni Nazra dan RCEO BNI W02 Khairul Salam menghadiri pelatihan pemberdayaan ekonomi kreatif untuk masyarakat terdampak bencana Erupsi lahar dingin.

PANINJUAN, METRO–PT Bank Negara Indonesia (BNI) (Persero) Tbk bersama Otoritas Jasa Ke­uangan (OJK) Sumbar  meng­gelar program pelatihan pemberdayaan eko­nomi kreatif untuk masya­rakat yang terdampak bencana erupsi lahar dingin Gunung Marapi di Paninjauan, Kabupaten Tanah Datar.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan membantu masyarakat, dalam membangun kembali kehidupan mereka melalui pengembangan keteram­pilan ekonomi kreatif.

Pelatihan ini dilaksanakan pada 12 September 2024 di Balai Desa Paninjauan dan dihadiri peserta yang terdiri dari masya­rakat lokal, pelaku usaha mikro, dan pemuda kreatif.

Acara ini merupakan bagian dari inisiatif BNI dalam rangka program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berfokus pada pemulihan eko­nomi dan pemberdayaan masyarakat pasca-bencana.

Kepala OJK Sumbar Roni Nazra SE MM CA yang langsung datang ke Nagari Paninjauan menghadiri Acara Pelatihan Ecoprint dengan Teknik Ponding, menyambut luar biasa dan menyampaikan apresiasi kepada BNI khususnya Program CSR BNI atas pe­laksanaan pelatihan ini.

Dirinya berharap melalui pelatihan ini dapat mem­bantu pemulihan eko­nomi dan membantu ma­syara­kat yg terdampak bencana banjir lahar di­ngin.

Melalui pelatihan ini juga dapat mmembuka alternatif lahan pekerjaan baru untuk masyarakat paninjauan.

Regional CEO BNI Wila­yah 02, Khairul Salam, mengatakan, pihaknya per­caya, pemberdayaan ekonomi kreatif adalah kunci untuk membantu ma­syarakat bangkit dan ber­kembang setelah bencana.

“Dengan pelatihan ini, kami berharap masyarakat Paninjauan tidak hanya dapat memulihkan kehidupan mereka. Tetapi juga menciptakan peluang baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka da­lam jangka panjang,” ha­rapnya.

Pelatihan yg bekerja sama dengan Rumah BUMN Padang ini turut hadir Gema Putri selaku CEO Rumah BUMN Sumbar. Diharapkan tindak lanjut se­telah pelatihan ini warga bisa diarahkan untuk pe­ngembangan lebih lanjut hingga bisa masuk dalam market place di segmen usaha ekonomi kreatif .

Turut hadir membersamai Area Head BNI Kanwil 02, Risnaldi dan Pemimpin Cabang BNI Bukittinggi Bambang Sugiharto.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam hal ini diwakili Kepala Dinas KUKMP, Hendra Setyawan dan Wali Nagari Paninjauan Afrizal mengucapkan terimakasih atas support BNI yg sangat luar biasa.

“Karena dalam tahun ini , Kabupaten Tanah Datar mendapatkan banyak bantuan berupa bantuan tanggap darurat senilai Rp100 juta, bantuan ambulans senilai Rp290 juta serta bantuan pengembangan ekonomi kreatif berupa pelatihan ecoprint yg saat ini berlangsung,” ungkapnya.

Dengan langkah ini, BNI berkomitmen untuk terus mendukung pemulihan dan pengembangan ekonomi masyarakat yang terdampak bencana, serta menciptakan peluang yang dapat memajukan daerah dan negara secara keselu­ruhan.(rel/fan)

Exit mobile version