Kesempatan pada hari pertama, Rabu (7/3), menjajal Wuling Almaz langsung penguji dari JPNN.com ambil menjadi pengemudi. Start dari dealer Wuling Cengkareng, Jakarta Barat, rombongan langsung merangsek kemacetan Jakarta menuju tol lingkar luar Jakarta hingga destinasi pertama Bogor, sebelum ke kawasan wisata Cileteuh, Jawa barat.
Melihat jalur yang kami lalui, jelas kemacetan lalu lintas akan mewarnai sebagian besar perjalanan. Artinya, bakal banyak stop and go. Performa mesin 1.500 cc 4-silinder berinduksi turbo yang dipadankan dengan transmisi jenis CVT, tentunya kami harapkan bisa memberi responsivitas baik di tarikan bawah.
Klaim tenaga 140 Hp pada putaran mesin 5.300 rpm dan capaian torsi maksimum 250 Nm sejak putaran mesin 1.600-3.600 rpm, ternyata sukses menghilangkan rasa khawatir kami saat mengendarai SUV berbobot kurang lebih 1500 kg.
Tenaga bawahnya terisi baik untuk mendorong kendaraan, akselerasinya terbilang cukup mumpuni. Apalagi dipadu setir enteng memudahkan kami mengendalikannya, termasuk saat overtake di lalu lintas perkotaan.
Rintangan paling menantang ketika kami bergerak dari Bogor menuju kawasan wisata Geopark Cileteuh, Sukabumi, Jawa Barat. Menanjak dan meliuk tajam jadi santapan tanpa henti. Lagi-lagi tendangan bawah yang baik menjaga kami menuntaskan perjalanan.
Apalagi saat mencoba simulasi transmisi manual 8-percepatan Wuling Almaz, rintangan berat terasa mudah dan nyaman, senyaman menikmati hamparan sawah dan lautan Pantai Selatan nan indah. Efek limbung juga cukup baik diminimalisir saat bermanuver tajam di kecepatan 60 kpj lebih. Bahkan di tikungan menanjak atau menurun. Almaz terbilang piawai berdansa di atas jalan.
Berkat kinerja electronic stability control (ESC) berkolaborasi dengan Traction Control System (TCS) dan anti-lock braking system (ABS) cukup baik, termasuk sistem suspensi yang dibuat sedikit keras, sehingga SUV dengan ground clereance 230 mm, mampu menyerap baik gaya sentrifugal sehingga mobil terjaga aman.
Fitur TCS juga menjaga traksi roda dari selip, pasalnya sepanjang jalan ditemani rintik hujan, membuat jalan jadi basah. Tak terasa, rombongan media pun sampai di landmark Geopark Cileteuh sekitar jam 18.00 sore. Rute hari pertama kegiatan media test drive Almaz Smart Journey terselesaikan dengan menyenangkan.
Jika pada hari pertama kami fokus di performa dan fitur berkendara, maka efektif selama dua hari perjalanan, kami dengan leluasa mengeksplorasi sistem multimedia yang ditawarkan Wuling Almaz, termasuk juga kepraktisan kabin.
Sistem Multimedia
Menjadi pengemudi, kokpit bergaya sederhana itu langsung memberi perhatian kami pada sistem multimedia. Layar sentuh 10,4 inci tidak sekadar mengakomodir kebutuhan sistem hiburan tapi juga beragam pengaturan fitur kendaraan yang semuanya sudah terdigitalisasi.
Integrasi ke ponsel pintar dan memanfaatkan fitur Wuling Link, memungkinkan kami menggunakan beberapa aplikasi ke layar multimedia Almaz. Google maps sebagai penunjuk arah dan pilihan lagu favorit di Spotify, berperan penting mengantarkan perjalanan kami nyaman hingga tujuan. Aplikasi lainnya yang bisa dimanfaatkan mencakup Gmail, WhatsApp, Line, JOOX, Google, Facebook, Youtube dan Instagram.
Sementara itu, bagaimana interaksi dan kemudahan pengoperasian menu serta interface-nya? Hasilnya cukup mengasyikkan. Hanya saja, beberapa kali saat proses mirror link terkadang sedikit lemot. Salah satu manfaat lain yang paling terasa dari layar besar ialah ketika menggunakan fitur kamera 360. Kami sangat terbantu mengetahui kondisi sekeliling kendaraan dengan sangat detil. Apalagi ketika memarkir di ruang sempit atau mengemudi di jalan sempit.
Kepraktisan Kabin
SUV dengan dimensi panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 1.760 mm tersebut, terbilang cukup baik menawarkan kelapangan kabin.Kenyamanannya ditunjang optimalisasi desain bucket seat untuk bangku depan. Tuas pengaturan sudut sandaran dan ketinggian lebih praktis karena sudah elektrik.
Di baris kedua, bangku juga dibuat praktis dalam menciptakan kenyamanan. Termasuk memiliki ruang yang sangat lega, baik leg room maupun head room, plus kekedapan ruangan yang baik. Beberapa kesempatan singkat, kami bisa menyelesaikan pekerjaan menulis di laptop. gadget juga tetap eksis dengan ketersediaan power outlet hingga di baris kedua.
Hal penting lainnya ialah kelengkapan kompartemen dan bagasi. Wuling Almaz terbilang baik dalam hal ini. Kebutuhan konsumen yang suka bepergian jauh akan sangat terakomodasi. Tidak ketinggalan kemudahan ketika ingin memasukkan barang dengan arah akses yang luas. Wuling Almaz hanya dipasarkan dalam satu varian dan harganya dibanderol Rp 318.800.000 on the road Jakarta. (jpnn)


















