Turut Kenalkan Rasa Indonesia, PLN UIP SBT Hadirkan 3 UMKM di Gastrobeats Singapura 2024

PT PLN (Persero) melalui PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Tengah (UIP SBT) turut andil dalam partisipasi perdana Indonesia di festival makanan dan musik tahunan GastroBeats 2024 di Singapura. Gelaran tahunan warga Singapura ini berlangsung hampir satu bulan pada 31 Mei – 23 Juni 2024 di Bayfront Event Space, Marina Bay Sands (MBS), Singapura.

Keikutsertaan UMKM binaan PLN pada GastroBeats 2024 merupakan wujud kerja sama yang dilakukan antara PLN UIP SBT dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura. Dimana keikutsertaan perdana Indonesia pada event ini merupakan inisiatif KBRI di Singapura untuk mempromosikan kekayaan kuliner, produk ekonomi kreatif dan budaya Indonesia.

Kemeriahan GastroBeats 2024 semakin semarak dengan hadirnya, PLN UIP SBT di zona Wonderful Indonesia. Melalui proses kurasi yang ketat, PLN UIP SBT menampilkan berbagai produk dari tiga UMKM binaannya, meliputi olahan jamur tiram, olahan daun kelor, dan ikan salai. Para pengunjung berkesempatan untuk melihat langsung dan membeli hasil olahan dari Indonesia.

Selain menawarkan kualitas produk, UMKM binaan PLN juga memiliki berbagai cerita di belakangnya yang dapat menjadi salah satu nilai jual di mata pembeli. Salah satunya seperti Dapur Aru, UMKM yang bergelut pada olahan kelor di Riau. Dimana mayoritas kaum perempuan di daerahnya memiliki kondisi kurang baik dari segi kesejahteraan yang utamanya diakibatkan oleh lemahnya tingkat perekonomian dan pendidikan, melalui hadirnya bantuan dan pendampingan PLN dalam pemberdayaan perempuan, saat ini ibu rumah tangga di Desa Salo Timur, Kabupaten Kampar memiliki pengetahuan yang lebih baik terhadap pemanfaatan sumber daya alam (tanaman kelor) di sekitarnya sehingga dapat terjadi peningkatan perekonomian.

General Manager PLN UIP SBT, I Njoman Surjana menyambut baik kolaborasi apik antara PLN dan KBRI di Singapura ini.

“Ini merupakan salah satu hasil kolaborasi awal PLN UIP SBT dengan KBRI di Singapura, dengan keikutsertaan binaan kami di acara ini, UMKM lokal dapat naik ke taraf internasional dan produk hasil buatan UMKM bisa dikenal lebih luas sehingga meningkatkan pendapatan pelaku usaha. Bersama-sama, kita harus jaga semangat UMKM Indonesia,” ujar Njoman.

Keterlibatan UMKM dalam ajang pameran berskala internasional merupakan langkah dukungan PLN UIP SBT dalam pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals). Khususnya di point 8 terkait pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi serta implementasi program – program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance).(*)

Exit mobile version