PLN Peduli Dukung Pertumbuhan Ekonomi Lokal Melalui Budidaya dan Pengolahan lemon

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Tengah (PLN UIP SBT) melalui Program PLN Peduli, kembali menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi lokal. Kali ini, PLN Peduli melaksanakan pelatihan budidaya dan pengolahan lemon, sebagai bagian dari upaya memberdayakan masyarakat setempat dan mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 8, yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

Kegiatan ini diawali dengan petani lemon di Desa Kuapan diberikan pelatihan intensif mengenai teknik budi daya lemon yang efisien, mulai dari pemilihan bibit, penanaman, perawatan, hingga proses panen. Kemudian dilanjutkan dengan ibu-ibu rumah tangga di Kecamatan Marpoyan diajarkan untuk mengolah hasil panen lemon dari petani lemon tadi menjadi produk makanan dan minuman yang bernilai jual tinggi, seperti teh lemon, lemon susu, kue lemon dan selai lemon.

Program ini juga berfokus pada peningkatan kapasitas produksi UMKM Rumah Lemon Pekanbaru, sebuah umkm yang berfokus dalam menjual produk olahan lemon. Dengan bantuan peralatan produksi modern dan pelatihan manajemen usaha, UMKM Rumah Lemon Pekanbaru diharapkan dapat meningkatkan produksinya dan memperluas pasar. Ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar secara signifikan.

Hadir pada kegiatan ini, Asisten Manager Komunikasi dan TJSL, Anggraeny Glory Roito Purba yang menyampaikan rasa bangganya terhadap inisiatif ini. “Melalui PLN Peduli, kami berkomitmen memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan ekonomi masyarakat lokal. Kami berharap dengan adanya program ini, banyak masyarakat terbantu. Petani Lemon di Desa Kuapan tidak kesulitan lagi untuk menjual hasil panennya karena akan ditampung oleh Rumah Lemon Pekanbaru, ibu-ibu rumah tangga juga mendapatkan keahlian baru dan bisa mendapatkan penghasilan baru untuk membantu perekonomian keluarganya, dan Rumah Lemon Pekanbaru dapat meningkat produksinya dan memperluas pangsa pasar,” ungkapnya.

“Program ini tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, tetapi juga mempromosikan gaya hidup sehat melalui produk-produk berbasis lemon. Di tengah kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat, produk lemon menawarkan solusi alami yang menyegarkan dan bermanfaat bagi tubuh. Lemon, dengan segala kelebihannya, tidak hanya menambah kesegaran tetapi juga menyediakan beragam manfaat kesehatan yang dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. Dengan segala manfaatnya, lemon dapat diintegrasikan ke dalam gaya hidup sehat sebagai pilihan alami yang menyegarkan dan bermanfaat,” tutup Glory

Owner Rumah Lemon Pekanbaru, Ariefna Amini mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PLN. “Dengan adanya pemberdayaan ini, kami bisa mendapatkan pengetahuan baru dalam membuat produk baru untuk olahan lemon ini. Kami juga terbantu mendapatkan bahan baku lemon yang terjamin kualitasnya dari Petani di Desa Kuapan. Kami berharap dapat meningkatkan kualitas produk dan memperluas pasar, sehingga Rumah Lemon Pekanbaru semakin terkenal dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kami,” ujarnya dengan penuh semangat.

Dikonfirmasi di tempat terpisah, I Njoman Surjana selaku General Manager PLN UIP SBT menyampaikan bahwa program ini adalah bagian dari komitmen PLN untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. “Kegiatan ini diharapkan menjadi model pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan. PLN Peduli berkomitmen untuk terus melaksanakan program-program serupa guna mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan inisiatif ini, PLN Peduli terus menunjukkan dedikasinya dalam menggerakkan potensi masyarakat lokal dan mendukung pertumbuhan ekonomi melalui berbagai program inovatif dan berkelanjutan,” Ujar Njoman.

Exit mobile version