Bapemperda DPRD Solsel Kunjungi DPRD Sumbar, Konsultasi Percepatan Pembahasan KUA-PPAS 2025 dan Perubahan KUA-PPAS 2024

MENERIMA--Sekretaris DPRD Sumbar Raflis, menerima kunjungan ketua dan anggota Bapemperda Dprd Kabupaten Solok Selatan.

PADANG, METRO–Membuat langkah stra­tegi dalam percepatan pem­bahasan KUA PPAS tahun 2025 dan perubahan KUA PPAS 2024 serta meng­­hindari keterlamb­atan pem­bahasan dan penetapan, pimpinan dan anggota Bapemperda DPRD Kabupaten Solok Selatan (Solsel) melakukan konsultasi dengan DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Kunjungan ini untuk cari masukan menyangkut pola atau cara dari DPRD Sumbar melakukan percepatan terhadap pembaha­san dan penetapan KUA-PPAS tahun 2025 dan Perubahan KUA-PPAS Ta­hun 2024.

“Mengingat masa ke­anggotaan DPRD periode 2019-2024 akan berakhir pada Agustus 2024 ini, jadi langkah apa digunakan DPRD Sumbar agar tidak terjadi keterlambatan da­lam penetapannya,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Selatan Armen, di DPRD Sumbar, Jumat (28/6).

Katanya, jadwal pengelolaan keuangan daerah sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019, Rancangan KUA-PPAS Ta­hun 2025 disampaikan kepala daerah kepada DPRD, paling lambat minggu kedua Juli 2024. Begitu juga Ran­cangan Perubahan KUA dan PPAS Tahun 2024 disampaikan paling lambat minggu pertama Agustus 2024 dan penetapannya dilakukan bersamaan minggu kedua Agustus 2024.

Dia menambahkan, per­lu bagi pihaknya membuat langkah dan strategi percepatan pembahasan KUA PPAS tahun 2025 dan perubahan KUA PPAS ta­hun anggaran 2024 guna meng­hin­dari keterlambatan pem­baha­san dan penetapan.

Di sisi lain, Armen juga menerangkan, pihaknya juga sedang melakukan proses penyusunan Ranperda usulan DPRD.

“Ranperda telah melalui beberapa tahap penyusunan, perlu dilakukan penyempurnaan dan penajaman materi Bapemperda. Jadi konsultasi dan koor­­­­dinasi ke DPRD Sumbar untuk mencari pen­yem­­pur­naan dan penajaman materi Ranperda tentang Tata Cara Penyusunan Prolegda,” ujarnya.

Kunjungan Bapemperda DPRD Solsel  tersebut diterima Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis. Hadir mendampingi Kabag Persidangan dan Perundangan Zardi, Kasubag Humas dan Protokol Dahrul Idris dan staf sekretariat lainnya. (hsb)

Exit mobile version