SWACAM Fitur Kekinian di PLN Mobile, Puluhan Ribu  Pelanggan Nikmati Kemudahan

PADANG, METRO–PLN terus berupaya  mengajak pelanggan untuk menikmati kemudahan yang tersedia pada fitur  layanan PLN Mobile. Salah satunya fitur Catat Meter Man­diri atau  Swacam yang  semakin diminati pelanggan PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Barat.

General Manager PLN UID Sumatera Barat menuturkan. hingga Mei 2024 lebih dari 80 ribu pelanggan PLN telah melakukan catat meter secara mandiri me­lalui PLN Mobile.

‘’Hingga akhir Mei ini, ada 88.871 rekening listrik yang tercatat melalui Swa­Cam PLN Mobile. Artinya ada sekitar 17.774 pelanggan yang melakukan pencatatan meter secara man­diri melalui SwaCam di PLN Mobile-nya masing-masing pada setiap bulannya. Ka­mi sangat bersyukur fitur ini disambut baik oleh ma­syarakat,’’ tutur Eric.

Total 14 Ribu lebih pelanggan di Kota Padang dan sekitarnya telah menggunakan fitur Catat Meter secara rutin setiap bulannya. Sementara pelanggan pengguna Catat Me­ter tertinggi adalah Kota Bukittinggi, serta Ka­bupaten Agam dan Ka­bupaten Padang Pan­­jang dengan total jum­­lah pelanggan yang telah menggu­nakan Swa­cam sebanyak 39.204 pelanggan.

Fitur Catat Meter pada PLN Mobile adalah fitur kekinian yang memfasilitasi pelanggan untuk me­lakukan pencatatan angka meter secara mandiri pada masa periode cacat meter, yaitu antara tanggal 23-27 setiap bulannya.

Dengan melakukan pencatatan meter sendiri, pelanggan ti­dak perlu lagi dikunjungi oleh petugas catat meter. Pelaggan juga dapat segera me­nge­tahui perkiraan pemakaian listrik setiap bulannya sebelum tagihan rekening listrik resmi keluar.

Catat meter secara man­diri juga memungkinkan pelanggan untuk mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanannya. ‘’Jadi pelanggan dapat lebih mengetahui pemakaiannya, serta memungkinkan untuk mengelola dan mengontrol pemakaian listrik di rumah atau bangunannya,’’ sampai Eric kemudian.

Fitur Catat Meter, tambah Eric, juga me­rupakan solusi untuk menjaga privasi pelanggan, khususnya pelanggan yang gerbang rumahnya se­ring terkunci atau pelanggan dengan kWh meter di bagian da­lam bangunan. De­ngan melakukan pencatatan sendiri, pelanggan membantu pelayanan PLN tetap berjalan dengan baik dan berkualitas.

Salah satu alasan sambutan positif ma­syarakat Sumbar terhadap Catat Meter atau Swacam adalah karena pencatatan meter mandiri dengan Swa­Cam praktis dan mu­dah. Berikut tahapan pencatatan meter melalui SwaCam:

Buka aplikasi PLN Mobile, 2. Pilih menu Catat Meter, 3. Pilih mulai swa­cam & foto angka stand meter yang ada di kWh meter, 4. Pilih ID Pelanggan, 5. Masukan angka stand meter, 6. Kirim.

Eric berharap, pada bulan-bulan berikutnya, peng­guna Swacam di Sumbar terus meningkat. Akan menjadi kebanggaan bagi PLN bila fitur ini dapat secara reguler digunakan oleh seluruh pelanggan pascabayar di Sumbar yang berjumlah 628 ribu pelanggan, sehingga memudahkan pelayanan dan pengelolaan penggunaan listrik bagi seluruh pelanggan.

‘’Jadi bagi pelanggan yang belum menggunakan Catat Meter silahkan gu­nakan sekarang. Bagi pelanggan yang belum memiliki aplikasi PLN Mobile silahkan mengunduh melalui “App Store” maupun “Play Store” di perangkat handphonenya masing-masing. Agar pelayanan kelistrikan kami semakin dekat dengan seluruh pelanggan,’’ lanjut Eric.(*/hsb)

Exit mobile version