Catat meter secara mandiri juga memungkinkan pelanggan untuk mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanannya. ‘’Jadi pelanggan dapat lebih mengetahui pemakaiannya, serta memungkinkan untuk mengelola dan mengontrol pemakaian listrik di rumah atau bangunannya,’’ sampai Eric kemudian.
Fitur Catat Meter, tambah Eric, juga merupakan solusi untuk menjaga privasi pelanggan, khususnya pelanggan yang gerbang rumahnya sering terkunci atau pelanggan dengan kWh meter di bagian dalam bangunan. Dengan melakukan pencatatan sendiri, pelanggan membantu pelayanan PLN tetap berjalan dengan baik dan berkualitas.
Salah satu alasan sambutan positif masyarakat Sumbar terhadap Catat Meter atau Swacam adalah karena pencatatan meter mandiri dengan SwaCam praktis dan mudah. Berikut tahapan pencatatan meter melalui SwaCam:
Buka aplikasi PLN Mobile, 2. Pilih menu Catat Meter, 3. Pilih mulai swacam & foto angka stand meter yang ada di kWh meter, 4. Pilih ID Pelanggan, 5. Masukan angka stand meter, 6. Kirim.
Eric berharap, pada bulan-bulan berikutnya, pengguna Swacam di Sumbar terus meningkat. Akan menjadi kebanggaan bagi PLN bila fitur ini dapat secara reguler digunakan oleh seluruh pelanggan pascabayar di Sumbar yang berjumlah 628 ribu pelanggan, sehingga memudahkan pelayanan dan pengelolaan penggunaan listrik bagi seluruh pelanggan.
‘’Jadi bagi pelanggan yang belum menggunakan Catat Meter silahkan gunakan sekarang. Bagi pelanggan yang belum memiliki aplikasi PLN Mobile silahkan mengunduh melalui “App Store” maupun “Play Store” di perangkat handphonenya masing-masing. Agar pelayanan kelistrikan kami semakin dekat dengan seluruh pelanggan,’’ lanjut Eric.(*/hsb)