Menara Agung Bagikan Tips Jitu Hindari Begal saat Berkendara Motor

SAFETY-Pengendara sepeda motor yang helm, jaket dan sarung tangan agar terhindar dari pukulan benda tumpul atau serangan benda tajam yang mengarah ke kepala. ist

PADANG, METRO–Kasus pembegalan pa­da pengendara motor di malam hari masih menjadi momok bagi banyak orang. Terutama mereka yang sering berkendara atau baru pulang kerja saat malam tiba. Untuk itu, para pengendara dihimbau agar lebih berhati-hati saat melewati jalanan yang gelap dan sepi.

Instruktur Safety Riding PT Menara Agung, Riandy Monru mengatakan, ada beberapa cara jitu menghindari begal saat mengendarai sepeda motor. Pertama, pilihlah rute yang memang sangat dikuasai atau yang biasa dilewati.

“Cara pertama untuk menghindari begal adalah dengan memilih rute yang sudah biasa Anda lewati. Tak perlu mencari jalan tikus yang dapat mengantarkan Anda lebih cepat sampai ke tujuan,” kata Riandy.

Riandy menambahkan, tips selanjutnya, pilihlah jalan yang ramai dan banyak penerangan. Pasalnya, begal kerap melancarkan aksinya di jalanan yang sepi dan minim pen­ca­hayaan. Nah, untuk me­n­g­hindari hal tersebut, Anda bisa memilih jalanan yang lebih ramai dan banyak dilewati oleh pengendara sekaligus memiliki pencahayaan yang cukup terang.

“Sehingga, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, lebih mudah bagi Anda untuk meminta bantuan atau pertolongan,” ungkap dia.

Tips ketiga, kata Riandy, ajak seoranh teman berboncengan joka terpaksa harus berkendara di ma­lam hari. Cara ini terbukti am­puh menghindarkan dari tindak kejahatan begal. Karena biasanya, para pelaku begal hanya menargetkan pengendara motor yang sendirian.

“Keempat, sebelum An­­da berkendara, ada baik­­­nya untuk memeriksa setiap kondisi komponen motor yang terpasang. Hal ini untuk menghindari kendaraan Anda mogok di tengah jalan. Apalagi jika mo­gok­nya di tempat yang sepi dan jarang dilewati oleh pengendara lain,” kata dia.

Ditambahkan Riandy, tips kelima, jika terpaksa harus berkendara sendirian di tengah malam, maka pastikan membawa senjata untuk melindungi diri sendiri. Tidak perlu menggunakan benda-benda ta­jam. Cukup bekali diri dengan chili atau pepper spray dan alat setrum kejut.

“Keenam, jika Anda merasa diikuti oleh pengendara misterius dari belakang. Maka coba kendalikan diri Anda, pastikan untuk tetap tenang dan fokus pada jalanan yang ada di depan. Selain itu, Anda juga bisa menekan tombol klakson terus menerus tanpa putus agar dapat menarik perhatian pengendara lain yang mungkin ada jauh di depan atau belakang anda,” tuturnya.

Terakhir, gunakan peralatan berkendara yang lengkap. Helm, jaket dan sarung tangan merupakan salah satu kelengkapan berkendara yang harus Anda gunakan. Dengan helm, pengendara bisa terhindar dari pukulan benda tumpul atau serangan benda tajam yang mengarah ke kepala.

“Untuk jaket, bisa me­ng­gunakan jaket yang berbahan tebal. Agar tidak terluka parah saat diserang oleh pelaku begal. Demikian cara mengenai cara jitu menghindari aksi begal saat berkendara menggunakan kendaraan roda dua. Ingat untuk tetap memprioritaskan keselamatan selama berkendara, ya. Bagaimana pun, keluarga Anda sudah menunggu di rumah,” tutupnya. (rgr)

Exit mobile version