Disulap Menjadi Kapal Pintar, Siswa SD di TPI Tarusan, Pessel Belajar diatas Kapal Patroli

PESSEL METRO–Semangat siswa sekolah dasar di TPI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan ini terlihat saat menaiki kapal Patroli KP 2291 dimiliki Satpolairud Polres Pessel, di jadikan sebagai kapal pintar atau perpusatkaan terapung.

Tanpa rasa takut dan canggung, siswa – siswa begitu menikmati suasana belajar diatas kapal Patroli Sarpolairud Polres Pessel.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Nurhadiansyah, S.I.K mengatakan, keberadaan kapal pintar atau perpustakaan, Satpolairud Polres Pessel, sebagai bentuk nyata dan upaya Kepolisian Polres Pessel untuk dekat dengan masyarakat.

“Kehadiran kapal pintar atau perpustakaan apung ini adalah bagian dari kepedulian Polri dalam mencerdaskan anak bangsa,” jelas Kapolres Pessel.

Kapal Patroli yang biasanya digunakan untuk tugas kepolisian, kali ini diubah menjadi kapal pintar dengan tujuan memperkenalkan Polri, khususnya Polairud Polres Pessel, kepada pelajar sekolah dasar, untuk menumbuhkan dan memotivasi minat baca masyarakat pesisir di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Semoga anak-anak dapat mengetahui tugas Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Ke depan agar merea menjadi aset bangsa yang saling mendukung dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,” harapannya.

Kasat Polairud Polres Pessel IPTU Tusiyat mengatakan, hal ini rutin kita laksanakan dimana Kapal Patroli itu diubah menjadi lingkungan yang ramah bagi anak-anak dengan dilengkapi buku bacaan, laptop, dan sistem suara V8 yang menarik perhatian.

Kapal pintar KP 2291 Satpolairud Polres Pessel digunakan sebagai sarana untuk melaksanakan kegiatan gemar membaca buku dengan tujuan membantu meningkatkan minat baca masyarakat pesisir yang belakangan ini semakin rendah.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan ini juga memberikan pengetahuan tentang penggunaan laptop kepada masyarakat pesisir, sehingga mereka dapat bersaing dan terampil dalam penggunaan teknologi.

Menurutnya, dalam era digital seperti sekarang, penguasaan teknologi menjadi penting untuk meningkatkan kualitas hidup dan bersaing dalam berbagai bidang.

Diskusi dan dialog juga diadakan dalam kegiatan ini untuk menciptakan hubungan yang baik antara masyarakat pesisir dan Polri, masyarakat diajak untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kamtibmas dan saling memahami peran Polri dalam menjaga keamanan wilayah pesisir. ujar Kasat Polairud.

Pagi tadi tampak dibawah pimpinan Kasat Polairud IPTU Tusiyat dan KBO Sat Polairud Polres Pessel IPTU Jamaluddin dan 5 personel lainnya, anak – anak sekolah dasar sekitar pelabuhan Dermaga TPI Tarusan, diajak mengitari laut Tarusan sekaligus mengajaknya membaca buku sambil berinteraksi dengan personel menambah keceriaan dan minat bacanya tumbuh sekaligus mengurangi pengaruh gadget saat sekarang ini.

Tak itu saja, pengenalan akan alat keselamatan dalam pelayaran juga di perkenalkan oleh personel kepada pelajar agar mereka tahu pentingnya keselamatan dalam berlayar sekaligus bagaimana tugas Sat Polairud sebagai penjaga keamanan di wilayah perairan Kabupaten Pessel.( Rio)

Exit mobile version