Jamaah Haji Embarkasi Padang Dijadwalkan Berangkat Mulai 12 Mei, Mahyudin: Lansia dan Disabilitas dapat Pelayanan Prioritas

Layanan Haji— Simulasi layanan one stop service pemberangkatan haji embarkasi Padang.

PADANG, METRO–Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumbar, Mahyudin mengatakan Jemaah Calon Haji (JCH) lansia dan disabilitas bakal mendapat pelayanan khusus atau layanan prioritas.

Hal ini disampaikannya saat rapat terakhir persiapan pemberangkatan ibadah haji 1445 Hijriah  menyebutkan, Embarkasi Padang pada musim haji 2024, Senin, (6/5).

Untuk lanjutnya, JCH  yang berangkat dari Embarkasi Haji Padang ke tanah suci terutama yang dapat pelayanan khusus seperti lansia dan disabilitas, datanya segera diperoleh agar pelayanannya bisa dilaksanakan secara optimal.

”Jamaah yang dapat pelayanan khusus sudah dapat datanya, supaya dapat memberikan layanan dengan baik,” sebut

Mahyudin mengatakan, Embarkasi Padang akan memberangkatkan sebanyak 6.592 calon haji.

“Rinciannya sebanyak 4.806 orang asal Sumbar, dan 1.702 orang asal Bengkulu,” Kata Mahyudin.

Ia mengatakan, Jamaah haji Embarkasi Padang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci mulai 12 Mei 2024 setelah sehari sebelumnya yaitu 11 Mei masuk asrama embarkasi Haji Padang.

Sementara itu, rapat tersebut untuk mematangkan persiapan pemberangkatan JCH dari Embarkasi Haji Padang sekaligus untuk memastikan kesiapan layanan. Kemudian meminimalisir kendala yang mungkin terjadi.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan simulasi layanan one stop service pemberangkatan haji yang tahun ini mengusung slogan haji ramah lansia.

Rapat diikuti pihak terkait di antaranya imigrasi, balai karantina kesehatan, angkasa pura II Bandara Internasional Minangkabau, dan maskapai Garuda Indonesia. Dalam simulasi, dua jamaah berkursi roda yang diantar petugas mendapat layanan tanpa mengantri karena masuk dalam prioritas. (hsb)

Exit mobile version