Menara Agung Bagikan Tips #Cari_Aman Berkendara untuk Kartini Masa Kini

PADANG, METRO–Mengendarai sepeda motor telah menjadi aktivitas yang umum bagi berbagai kalangan, baik laki-laki maupun perempuan. Untuk menghindari bahaya saat berkendara, penting bagi para pengendara untuk memahami trik-trik yang diperlukan dijalanan. Oleh karena itu, PT Menara Agung berbagi tips #Cari_Aman khusus bagi para perempuan saat berkendara dijalanan.

Instruktur Safety Riding PT Menara Agung Riandy Monru mengatakan, hal pertama yang harus diperhatikan sebelum berkendara adalah memastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan baik sebelum digunakan. Lakukan pengecekan kondisi rem, ban, serta lampu-lampu seperti lampu rem, sein, dan lampu utama. Penting untuk menghindari berkendara dengan ban yang sudah aus atau gundul, karena hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Selanjutnya, perhatikan pakaian yang akan digunakan. Disarankan untuk menghindari penggunaan rok dan lebih baik menggunakan celana panjang karena dinilai lebih nyaman dan memberikan keleluasaan dalam bergerak. Hindari penggunaan sepatu hak tinggi karena dapat mengganggu keseimbangan saat mengendalikan sepeda motor.

“Selain pakaian, rambut juga harus diperhatikan saat berkendara. Pengendara yang memiliki rambut panjang disarankan untuk mengikatnya terlebih dahulu. Rambut yang terurai dan tertiup angin dapat mengganggu pandangan kedepan. Untuk pengendara yang menggunakan hijab, disarankan untuk menggunakan jaket agar hijab tidak berkibar saat tertiup angin dan menutup lampu belakang”, kata Riandy.

Perempuan tak lepas dari barang bawaan saat berpergian. Namun, membawa tas yang tidak tepat saat berkendara bisa mengganggu konsentrasi dan bahkan menimbulkan potensi bahaya, seperti tersangkut benda asing di jalan atau kendaraan lain saat berpapasan. Disarankan untuk menyimpan tas di bagasi motor untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, kecuali untuk handphone karena dapat memicu risiko kebakaran.

Terakhir, perhatikan kecepatan saat berkendara. Bagi pengendara yang masih pemula, sebaiknya hindari berkendara dengan kelompok (touring) sampai mereka benar-benar mahir dan merasa nyaman berkendara dalam kelompok.

“Dengan semangat sinergi bagi negeri, kami akan selalu memberikan manfaat dan menjadi inspirasi bagi masyarakat luas. Kami berharap tips yang kami berikan ini dapat meningkatkan pengetahuan kaum Kartini masa kini tentang cara berkendara sepeda motor yang baik dan benar,” tutup Riandy. (rgr)

Exit mobile version