SUDIRMAN, METRO–Sejumlah warga Kota Padang menyambut baik dan mengapresiasi inovasi layanan “Satu Hari Selesai” atau One Day Service yang diluncurkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang.
Ardi, salah seorang warga Kecamatan Kototangah, mengatakan ia sangat puas dengan sistem layanan yang dilakuan Disdukcapil, guna membantu warga mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk).
“Tadi saya mau mengganti KTP yang rusak, ternyata kurang dari satu jam selesai, dan saya mendapat KTP pengganti,” katanya, Kamis (18/4).
Senada dengan itu, Rika, mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di Padang mengatakan, ia datang ke Disdukcapil guna melakukan perubahan data, yakni pindah alamat.
“Ternyata urusannya mudah, tinggal masukan persyaratan, tunggu dan selesai, tidak pakai ribet dan tidak pakai lama,” tuturnya.
Kepala Disdukcapil Kota Padang Teddy Antonius menjelaskan, layanan One Day Service dilakukan secara Online melalui aplikasi Si Rancak dan secara Offline di loket pelayanan.
“Lama layanan bervariasi tergantung jumlah pengunjung, namun semua kita tuntaskan dalam satu hari,” kata Teddy.
Jadi lanjut Teddy, masyarakat dapat mengurus berbagai urusan Adminduk, seperti pergantian KTP yang rusak/hilang, KK, perubahan data, baik pindah alamat dan lainnya. “Lengkapi persyaratannya (dokumen pendukung), kemudian masukkan ke loket, selanjutnya diproses petugas, setelah selesai nanti dipanggil,” pungkas Teddy. (rel)