Pameran Inacraft 2024, Supardi: Langkah Tepat Promosikan UMKM Sumbar

MENGHADIRI--Ketua DPRD Sumbar Supardi menghadiri pembukaan Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2024). Rabu, (28/2).

PADANG, METRO–Ketua DPRD Sumbar Supardi menghadiri pem­bukaan Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2024). Rabu, (28/2)

Jakarta International Handicraft Trade Fair me­ru­pakan pameran kera­ji­nan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Teng­gara. Menurut Supardi, ini bisa menjadi referensi UM­KM Sumbar.

Selain itu, supardi juga menyampaikan, keikutser­taan para Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Suma­tera Barat dalam Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2024) merupakan langkah tepat untuk promosi luar biasa terhadap UMKM Sumbar.

“Tampilnya karya-ka­rya terbaik UMKM Sum­bar akan mem­buka kesem­patan men­dapat perhatian pasar glo­bal yang tentunya selain mampu bersaing juga akan meningkatkan kesejah­te­raan UMKM Sum­bar itu sen­diri,” ujar Su­pardi.

Supardi katakan saat ini, pemerintahan Provinsi Sumatera Barat bersama Dekranas mengikut­serta­kan 12 Dekranasda Kabu­pa­ten/Kota dan 2 UMKM profesional mandiri Lisa Kebaya, Henny Aldi dan 1 makanan kuliner khas Sum­bar DB Food.

“Ada banyak kekayaan keterampilan pengrajin Sumbar dalam mengubah menjadi produk dekoratif dan kerajinan yang isti­mewa,” ungkapnya.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Mas­duki, katakan Indonesia memiliki pangsa pasar sekitar 1,25 persen dalam industri kerajinan di dunia. Dia pun memproyeksikan pangsa pasar RI ini dalam industri kerajinan dapat terus meningkat.

“Ini juga dapat menjadi peluang bagi pengrajin kriya untuk menguasai pa­sar dalam negeri. Pelaks­anaan Inacraft 2024, yang telah beradaptasi dengan era digital, melalui konsep smart, simple, mobile, accessible, real time, dan trustworthy,” tuturnya.

Supardi berharap de­ngan branding Inacraft yang kuat di kawasan ASEAN, Indonesia 2024 dapat menumbuhkan pro­duk UMKM Sumbar ek­spor­tir produk handycraft terdepan nantinya

Pameran ini kembali digelar untuk ke-24 kalinya di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, pada 28 Februari hingga 3 Maret 2024. (hsb)

Pameran yang dipra­karsai Asosiasi Eks­portir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASE­PHI) be­kerjasama dengan Media­tama Event meng­angkat hasil kreasi seni dan tradisi budaya Indonesia yang juga menarik, yakni alat musik Tradisi Indonesia.

Exit mobile version