Gelar Inspection Day Serentak, PLN Gaungkan Komitmen Zero Harm-Zero Loss

Inspection Day--PT PLN (Persero) menggelar “Inspection Day” secara serentak di Indonesia pada Jumat (02/02).

Padang, METRO–Sebagai upaya mewu­jud­­kan komitmen Zero Harm­ Zero Loss, PT PLN (Persero) menggelar “Inspection Day”­ secara serentak di Indonesia pada Jumat (02/02). Acara terpusat di lapangan kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surabaya Selatan dan dipimpin oleh Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto. Di Sumatera Barat sendiri, acara berlangsung di Halaman Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Belanti.

Adi Priyanto menuturkan kegiatan inspection day adalah langkah nyata mewujudkan komitmen PLN dalam mengutamakan keselamatan pada setiap proses pekerjaan.­“Ke­se­lamatan tidak hanya men­­­jadi tanggung jawab K3, melainkan tanggung jawab kita semua. Setiap pe­gawai, dari pekerja la­pa­ngan, pekerja operasional hingga pimpinan tertinggi memiliki peran besar da­lam menegakkan budaya K3,” katanya. Ia juga menyampaikan pentingnya pe­ren­canaan dalam setiap proses bekerja, terutama  pegawai pekerjaan dalam ke­adaan bertegangan (PDKB).

Senior Manager Ke­uangan, Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat Cipto Adi Sumartono yang memimpin acara di UID Sumbar menyampaikan gelaran inspection day merupakan langkah PLN untuk meningkatkan awa­re­ness terhadap pentingnya implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam bekerja.

“Inspection Day yang dilaksanakan serentak di seluruh unit induk distribusi/wilayah di Indonesia merupakan salah satu rang­kaian peringatan Bulan K3 Nasional 2024, yang berlangsung dari 12 Januari hingga 12 Februari men­datang,” terang Cipto.

Sementara itu, General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho memastikan terlaksananya implementasi SOP dan pe­ningkatan pengawasan da­lam bekerja di lingkungan PLN UID Sumbar. Ia juga berpesan kepada para pe­tugas lapangan untuk selalu menge­cek kesiapan dan keandalan peralatan saat bertu­gas.

“Berbagai event dalam rangka Bulan K3 Nasional tahun ini di Sumbar diwarnai beragam kegiatan. Mulai dari donor darah, sosialisasi dan edukasi keselamatan kerja kepada pegawai, anak-anak sekolah, maupun masyarakat, donor darah, apel K3, lomba ranking 1, dan masih banyak kegiatan lainnya. Semoga setelah itu seluruh insan PLN dapat bekerja dengan kualitas terbaik dan kembali pulang dengan sehat, dan selamat untuk bertemu dengan keluarga di rumah,” ujar Eric.(hsb/rel)

 

Exit mobile version