Tambah Stok CBP, 27 Ribu Ton Beras Impor Tiba di Indonesia

beras impor— Pekerja menurunkan beras impor asal Vietnam milik Perum Bulog di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (16/12/2022). Perum Bulog mengimpor 5.000 ton beras asal Vietnam yang dialokasikan untuk pemenuhan stok cadangan beras pemerintah (CBP) yang dilakukan secara bertahap sehingga sampai Desember 2022 total importasi beras sebanyak 200.000 ton.

PADANG, METRO–Indonesia kedatangan sebanyak 27 ribu ton beras impor dari Vietnam, pada Rabu (4/10). Tiba di Pela­buhan Tanjung Priok Ja­karta, nantinya beras ini akan digunakan untuk mem­­perkuat Cadangan Be­ras Pemerintah (CBP).

Hal ini disampaikan Ke­pala NFA Arief Prasetyo Adi usai melakukan penge­cekan stok beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di Pasar Induk Be­ras Cipinang (PIBC).

“Hari ini setelah me­mastikan stok beras SPHP Bulog terjaga di PIBC bersama Bapak Menteri BUMN, kami lengkapi dengan memastikan proses bongkar muat beras dari luar. Disini kita sedang bongkar muat sebanyak 27 ribu ton. Jumlah sebesar ini perlu waktu sampai 6 hari,” kata Arief dalam keterangan resmi, Rabu (4/10).

Arief memastikan, beras Bulog sebagai Cadangan Beras Pemerintah (CBP) akan siap setiap saat dan nantinya transfer stok ke awal 2024 akan ada 1 juta ton lebih.

“Arahan Bapak Presiden meminta bahwa stok CBP di Bulog tidak boleh kurang dari 1 juta. Bahkan diminta terus ditingkatkan hingga 1,5 sampai 2 juta ton. Stok Bulog hari ini secured di 1,7 juta ton,” imbuh Arief.

Lebih lanjut, Kepala NFA mengimbau ma­syarakat senantiasa bersi­kap tenang dalam menyi­kapi isu seputar beras. Ini ka­rena stok beras nasional yang dimiliki pemerintah di­pastikan tersedia dan cu­kup.

“Masyarakat agar senantiasa tenang, kita punya ketersediaan stok beras yang cukup. Ini merupakan bagian dari 2 juta ton seperti yang diperintahkan Bapak Presiden dan akan masuk seluruhnya sebelum November,” ungkap Kepala NFA.

Arief membeberkan, saat ­ini mulai ada depresiasi harga beras di PIBC pasca penggelontoran beras SPHP. Ia pun mengatakan pada pasar turunan PIBC juga telah disalurkan beras SPHP. (jpc)

Exit mobile version