Beralih ke Listrik PLN, PT Sangir Efisien Hingga 60%

PENYAMBUNGUNAN— PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok lakukan penyambungan baru listrik ke PT Sangir Putra Reksindo.

Solok, METRO–Dukung pertumbuhan industri, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok lakukan penyambungan baru listrik ke PT Sangir Putra Reksindo, Senin (25/9).

Salah satu bisnis crusher besar di daerah Sangir Kabupaten Solok ini bergabung menjadi pelanggan PLN dengan daya 345 kVA, Senin (25/09).

Muhammad Iqbal Chis­sa Putra, pemilik chusher mengatakan, 10 tahun belakangan pabriknya beroperasi dengan pembangkit mandiri berkapasitas 350 kVA. Dediselisasi dari pembangkit sendiri ke suplai energi listrik PLN ini telah lama direncanakan karena penggunaan listrik PLN terbukti lebih efisien.

‘’Namun dampak Covid-19, permintaan pasar menurun, sehingga pro­duksi pabrik kami ber­ku­rang. Akhirnya di September 2023 ini bisa terealisasi menjadi pelanggan PLN. Terima kasih atas layanan cepat dan berbagai kemudahan yang diberikan PLN,’’ lanjut Iqbal.

Iqbal mengatakan, suplai listrik dari PLN akan sangat membantu operasional pabriknya. Sebelumnya, pabrik ini menyediakan solar 10.000 sampai dengan 20.000 liter setiap bulannya untuk penggu­naan pembangkit mandiri. ‘’Biaya yang dibutuhkan maksimal Rp.380 Juta. Belum termasuk biaya perawatan dan operasional lainnya. Setelah di­kal­­ku­lasikan, jika beralih ke PLN akan jauh efisien. Efi­siensi hingga 60%,’’ ungkapnya kemudian.

Selain itu, ungkap Iqbal, dengan beralih ke listrik PLN, pabriknya tidak perlu berulang kali melakukan pembelian solar. Suplai listrik sepenuhnya dapat dike­lola oleh PLN.

Sementara itu Abdul Azis, Manager PLN UP3 Solok mengatakan, PLN selalu siap mendukung pelaku industri dengan layanan listrik cukup dan andal sebagai implementasi customer focused PLN. Selain itu, layanan ini menjadi sumbangsih PLN untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

‘’Semoga bisnis crusher di ranah minang kembali maju dan besar, menyerap lebih banyak tenaga kerja, dan memajukan eko­no­mi Sumatera Barat,’’ kata­nya kemudian.(hsb/rel)

Exit mobile version