Hidayat Minta Pelaku UMKM Urus NIB

RESES— Anggota DPRD Sumbar Hidayat melaksanakan Reses di Kelurahan Lolongbelanti, Kecamatan Padang Utara.

PADANG, METRO–Anggota DPRD Sumbar Hidayat menyampaikan kepada kelompok warga yang memiliki usaha, agar segera membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) agar usaha tersebut punya standar legalitas bagi pelaku usaha.

Hal ini disampaikannya pada saat reses, mengunjungi daerah pemilihanya di Kelurahan Lolongbelanti, Kecamatan Padang Utara,  kamis (20/3) lalu.

“Kita mengimbau seluruh pelaku usaha mengantongi izin usaha. Apalagi di era digitalisasi saat ini, proses perizinan sangat mudah dilakukan,” kata Hidayat.

Dalam sambutannya, Hidayat menyampaikan bahwa reses bagi anggota dewan sangat penting. De­ngan reses, anggota DPRD akan mengetahui apa yang dikeluhkan, dibutuhkan, dan apa yang diharapkan warga di daerah pemilihannya.

Ia menilai untuk wila­yah Kecamatan Padang Utara, banyak anggaran yang bisa digunakan untuk pemberdayaan masya­ra­kat, seperti pelatihan memasak, UMKM, Koperasi dan berbagai keterampilan lain­nya, selain perbaikan infrastruktur.

“Kita ingin dana Pokir bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keteram­pilan, sehingga masyara­kat bisa lebih berdaya dan mandiri,” terang Hidayat.

Karena itu, dia berha­rap agar para pelaku usaha mengantongi izin usaha, sebagai standar legalitas bagi pelaku usaha.

Selain itu, lanjut Hidayat, dirinya juga telah melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Sa­tu Pintu (DPMPTSP) Pro­vinsi Sumbar tentang Sosialisasi Pelayanan Langsung Perizinan Berusaha OSS RBA, bersama para pelaku usaha di kota Pa­dang beberapa waktu lalu.

Dimana terdapat beberapa Kelompok Usaha Bersama (KUBE), yang me­mang benar-benar diberdayakan, untuk melatih warga dengan keterampi­lan seperti menjahit dan memasak. “Keberadaan KUBE memang bertujuan menggali dan maksimalkan potensi yang ada, sehingga dapat menghasilkan produk baik kerajinan maupun kuliner, sehingga bisa menambah penghasilan warga, yang tentunya diharapkan ikut mendong­krak taraf hidup ma­sya­rakat.” katanya.(hsb)

Exit mobile version