Belajar Safety Riding dengan Menyenangkan Ala Yayasan AHM

BELAJAR KESELAMATAN-Ketua Yayasan Astra Honda Motor Ahmad Muhibbuddin melihat salah satu peserta pelatihan Wisata Edukasi Satu Hati sedang belajar keselamatan menggunakan HRT di Zona Audio-visual Safety Riding Lab Astra Honda.

JAKARTA, METRO–Kampanye keselamatan berkendara membutuhan cara yang kreatif dan menarik bagi generasi mu­da. Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) me­ngemas penyampaian pesan safety riding ini melalui Wisata Edukasi Satu Hati di Safety Riding Lab Astra Honda. Program yang dikemas unik ini mengha­dirkan kesenangan dalam belajar keselamatan ber­kendara sekaligus menambah pengetahuan dan kemampuan berkendara se­peda motor.

Pada peluncuran perdananya di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Yayasan AHM mengajak se­jumlah perwakilan media menjadi bagian dari pengenalan Wisata Edukasi Satu Hati dengan pendekatan pembelajaran Kelompok Belajar Paket Satu Hati. Edukasi ini dikemas secara unik dan menarik melalui serangkaian program la­yaknya pelajar sekolah yang dievaluasi melalui rapor hasil uji pemahaman keselamatan berkendara.

Safety Riding Lab Astra Honda memiliki 3 zona, yaitu zona audio-visual, zona simulasi, dan zona praktik. Pembelajaran ilmu etika berlalu lintas di zona Audio-visual. Dalam zona ini, peserta berdiskusi tentang berbagai pengeta­huan keselamatan berkendara dengan memanfaatkan video pendek safety riding sebagai simulasi beberapa kondisi berkendara di jalan raya, sehingga diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi sis­wa-siswi untuk mengana­lisa dan mendiskusikan potensi masalah dalam berlalu lintas.

Kegiatan berlanjut ke Zona Simulasi dengan meng­gunakan Honda Riding Trai­ner. Para peserta ber­ke­sempatan mencoba simulasi berkendara dengan berbagai jenis sepeda motor dalam beragam kondisi jalan. Setelah menguasai teori dan melakukan simulasi, para peserta diajak berkendara menggunakan sepeda motor di Zona Praktik yang dilengkapi ber­bagai rintangan kondisi jalan dan rambu lalu lintas.

“Kami ingin dapat te­rus mengajak partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk selalu mengutamakan keselamatan berkendara sebagai bentuk ke­pedulian pada sesama. Harapan kami, edukasi yang dikemas secara me­nyenangkan dalam Wisata Edukasi Satu Hati ini dapat diserap dengan baik untuk dipratikkan di kehidupannya sehari-hari” ujar Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin

Safety Riding Lab Astra Honda merupakan bentuk program berkelanjutan kampanye keselamatan ber­kendara yang digulirkan Yayasan AHM. Kampanye diinisiasi sejak tahun 2012 melalui program Sahabat Satu Hati Berbagi Ilmu Berkendara di berbagai sekolah yang melahirkan siswa-siswi duta keselamatan berkendara. Program dilanjutkan dengan Safety Riding Camp pada tahun 2016 yang melatih para duta keselamatan berkendara terkait kemampuan blogging dan fotografi sebagai media untuk ber­kampanye. (rgr)

Exit mobile version