PLN Peduli Beri Kenyamanan Buat Para Santri Rumah Tahfiz

Sarana Air Bersih dan Tempat Berwudhu Rumah Tahfiz Al Hidayah Program PLN Peduli

Pekanbaru, PT PLN (Persero) merampungkan pembangunan fasilitas tempat wudhu dan instalasi air bersih di Rumah Tahfidz Al Hidayah yang berlokasi di Desa Teratak, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Kondisi awal tempat berwudhu Rumah Tahfiz Al Hidayah.

Tujuan dari dibangunnya rumah tahfiz adalah untuk membetulkan dan melancarkan pembacaan sebelum akhirnya para calon hafidz dan hafidzah mulai menghafal Al-Qur’an. Di rumah tahfiz Al Hidayah peserta didik juga mendapatkan materi keagamaan dan ilmu fiqih dasar sebagai bekal untuk menghadapi era digitalisasi yang disruptif. Terbilang kurang lebih seratus orang santri yang ada, mendapatkan bimbingan dari tiga belas ustadz dan ustadzah.

Pemandangan yang khas terlihat di rumah tahfiz Al Hidayah adalah ketika waktu sholat tiba. Antrian panjang mengular di satu-satunya keran air yang ada, digunakan bergantian oleh santri dan satriwati serta para pengajar yang hendak berwudhu. Keran yang terletak di samping rumah tahfiz ini mengalirkan air dari sumur tua yang debit airnya tergantung cuaca. Bahkan kondisi ini tak jarang menyebabkan para santri dan guru harus pulang kerumah masing-masing atau menumpang di rumah warga untuk mengurai panjangnya antrian.

3 bulan silam, menggunakan dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Tengah ditambah dana yang dihimpun oleh Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dari para dermawan, pekerjaan pembuatan sumur baru dan pembangunan tempat wudhu permanen dimulai. Selang 1,5 bulan, pembangunan berhasil dirampungkan.

Betapa menggembirakannya menyaksikan tetesan air pertama yang keluar dari mulut keran dan melihat para santri berwudhu dengan gembira. Tak ada lagi antrian panjang ketika suara azan berkumandang. Sungguh pengalaman yang berharga, bahwa dengan perhatian yang sederhana mampu menghadirkan senyuman bagi mereka.

PLN Peduli akan selalu berusaha ada dimanapun dan kapanpun bagi masyarakat yang membutuhkan. Berkolaborasi dengan siapapun untuk memberikan manfaat lebih dari sekedar melistriki negeri.(*)

Exit mobile version