Semen Padang Hadirkan Pemred Media pada SParing On Journalism

SHARING ON JOURNALISM-- Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri, memberikan sambutan saat kegiatan Semen Padang Sharing on Journalism, yang dihadiri pemred media cetak, elektronik, dan online di Sumbar, Kamis (29/9).

PADANG, METRO–PT. Semen Padang menggelar Semen Padang Sharing On Journalism (SParing) di  Padang, Kamis (29/9), dengan menghadirkan para Pemimpin Redaksi media cetak, elektronik, dan online di Sumbar. SPa­ring kali ini mendatangkan Pemimpin Redaksi Suara. com Suwarjono sebagai narasumber.

Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri dalam sambutannya menyampaikan te­ri­ma kasih  atas kerja sama dan hubungan baik media dengan PT. Semen Padang selama ini.

Media, kata Oktoweri, telah berkontribusi membentuk  citra yang baik de­ngan pemberitaan-pemberitaan positif PT Semen Padang.  “Melalui rekan-rekan media, reputasi perusahaan terbangun dukungan dan jaringan bagi perusahaan juga terbangun,” katanya.

Oktoweri melanjutkan, SParing digelar dalam rang­ka menjaga kedekatan dan hubungan baik.

“PT Semen Padang me­nyelenggarakan pertemuan rutin salah satunya kegiatan workshop ini atau Sparing on Journalism ke- 2,” ujarnya.

Ia menyebutkan, SPa­ring ini merupakan kegiatan rutin diselenggarakan. Tujuan dari SParing ini a­dalah bagaimana pengelolaan dan pengembangan media online, agar  rekan-rekan media dapat memperkuat sisi digital media online maupun media so­sial.

“Ini merupakan salah satu kontribusi Semen Pa­dang dalam membantu pengembangan bisnis media dan memberikan insight terkait ekosistem di­gital yang dapat memperkuat bisnis media da­lam konteks kekinian,.” kata Oktoweri.

“ Selamat mengikuti Workshop semoga ilmu yang diperoleh hari ini dapat bermanfaat dan semoga kerjasama antara Semen Padang  dan rekan-rekan media tetap terjalin dengan baik,”ujarnya.

Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, membangun reputasi di era di­gital saat ini merupakan tantangan yang harus di­hadapi.

Betapa tidak, arus informasi tersaji dengan cepat. Orang-orang bisa mendapatkan berita terkini tanpa harus menyalakan layar televisi.

Hanya dengan me­ng­akses media sosial melalui gadget masing-masing be­rita aktual dapat diakses dengan

cepat.

“Satu-satunya cara untuk mempertahankan bisnis berita hari ini  adalah dengan memperkuat sisi digital. Yang nantinya akan dijelaskan secara rinci oleh narasumber kita,” ujarnya.

Narasumber SParing Pemred Suara.com Suwarjono mengatakan, begitu banyak tantangan media di era sekarang ini.

Jika sebelumnya, tantangan hanya sebatas media konvensional dengan media kekinian, sekarang beralih dari disrupsi media ditambah pandemi Covid-19 yang membuat lompatan perubahan perilaku pembaca, teknologi, pro­duksi dan bisnis.

Media konvensional dapat menguasai hulu sam­pai hilir, memproduksi konten sendiri, mendominasi ruang publik, mendistribusikan konten sendiri dengan bisnis model iklan ditambah langganan.

Sementara di media kekinian, hulu sampai hilir itu berubah total, hulu ba­nyak pemain seperti kon­ten kreator, influencer, YouTubers, dan homeless media.

Kemudian, distribusi dan hilir dikuasai platform dengan digital platform yang menguasai ruang publik. Tentu bisnis model berubah lagi.

Di era disrupsi media ditambah disebabkan pandemi Covid-19, sekarang ini yang tantangan yang dihadapi itu konten kreator, user generated conten, fenomena influencer, key opinion leader (KOL), platform algoritma, agregator publisher, platform versus publisher dan homeless media.

Ditambah lagi tanta­ngannya trafik naik pendapatan turun, iklan turun, offline activity, pengakses media online naik, model bisnis berubah, hybrid activity.

“Lawan kita bukan sesama media, platform, ekosistem google dan seba­gainya,” katanya.

Pemred Harian Padang Ekspres Romi Delfiano me­ngatakan, kegiatan seperti SParing ini sangat penting dilakukan, dan seharusnya dilakukan secara berkala.

“Selaku pemimpin redaksi Harian Padang Ekspres, saya sangat me­ngapresiasi kegiatan ini. Mungkin ini kemitraan yang sangat strategis sekali tidak hanya membahas sebatas komersial saja tetapi bagaimana me­ning­katkan sumber daya manusia wartawan setiap media,” katanya.

Senada dengan Romi Delfiano, CEO Langgam.id Andri El Faruqi mengatakan, workshop SParing yang diadakan ini perlu dilakukan.

“Karena materi yang disampaikan narasumber sangat perlu diketahui media di Sumbar, baik itu tantangan yang dihadapi saat ini maupun kedepannya. Selain itu bagaimana membangun dan mengembangkan media online,” ujar­nya. (rel/ren)

Exit mobile version