BRI Cabang Pariaman Salurkan KUR Rp257 Miliar

PARIAMAN, METRO,Bank Republik Indonesia (BRI) Cabang Pariaman telah menyalurkan Kredit Usaha Rak­yat (KUR) senilai Rp 257 miliar di wilayah Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

Pimpinan Cabang BRI Pariaman, Indrayana melalui Manager, Faruq menyampaikan, KUR yang telah diserap oleh masyarakat terdiri dari KUR mikro dan ritel. Pasalnya, dari awal tahun 2022 hingga saat ini BRI Cabang Pariaman telah menyalurkan KUR senilai Rp257 miliar.

Ia menjelaskan, adapun rincian KUR  terdiri dari KUR mikro senilai Rp 220 miliar dan KUR ritel sebanyak Rp 37 miliar. “KUR tersebut diserap oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sektor perdagangan, pertanian, perkebunan, perhutanan dan lainnya,” sebut Faruq.

Dikatakan Faruq, kuota untuk KUR ini masih banyak. Masih terbuka hingga bulan November tahun ini. Jika sudah masuk November maka akan ada penutupan.

Biasanya, lanjut Faruq lagi, setiap tahunnya penyerapan KUR tercapai seluruhnya. Sedangkan untuk pengajuan satu KUR mikro paling banyak (mak­si­mal) Rp100 juta dan KUR ritel senilai Rp500 juta.

Menurutnya, penyerapan KUR sangat terasa karena adanya faktor pandemi covid-19. Pelaku UMKM bersemangat mengajukan KUR untuk membangkitkan usaha masing-masing.

“Saat pandemi itu mewabah, BRI juga buat kebijakan untuk membantu warga terkait bunga yang rendah. Namun saat ini bunga untuk pinjaman itu kembali normal yaitu sebanyak enam persen,” pung­kas­nya. (ozi)

Exit mobile version