Libur Akhir Tahun, ATM Bank Nagari Disiagakan Irwan

 Zuldani:  Transaksi Capai Rp50 Miliar
PADANG, METRO – Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumbar atau Bank Nagari maksimalkan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) selama masa libur nasional dan cuti bersama akhir tahun ini. Telah disiapkan ketersediaan dana dan petugas ATM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tunai.
Pimpinan Bank Nagari Cabang Utama Padang Irwan Zuldani menyebutkan, selama libur panjang akhir tahun ini, sistem dan petugas akan terus siaga untuk mengisi saldo di 71 mesin ATM yang berada di bawah naungan Bank Nagari Cabang Utama Padang.
”Begitu saldo ATM kosong, maka petugas kita akan siaga untuk mengisi kembali saldo sehingga nasabah tidak perlu khawatir jika butuh dana saat libur panjang,” tambah Irwan kepada wartawan, kemarin.
Irwan menjelaskan, untuk ATM dengan uang kelipatan Rp50 Ribu, maka nilai uang tersedia di ATM Rp200 Juta sedangkan kelipatan Rp100 Ribu, uang tersedia Rp400 Juta. Kantor Bank Nagari akan tutup mulai 29 Desember 2018 hingga beroperasi kembali secara normal pada 2 Januari 2019.
”Selama masa libur panjang tersebut, kebutuhan uang tunai nasabah kita akan dimaksimalkan melalui mesin ATM. Lonjakan transaksi juga sudah kita antisipasi,” katanya.
Irwan memprediksi selama masa libur panjang akhir tahun tersebut, nilai transaksi di ATM diperkirakan sebesar Rp50 Miliar dengan asumsi Rp15 Miliar lebih sehari. “Kalau hari biasa nilai transaksi di ATM di kisaran Rp12 Miliar sehari. Tapi kalau hari libur, bisa mencapai Rp15 Miliar sampai Rp20 Miliar sehari. Contohnya saja, saat libur dan cuti bersama Natal kemarin, nilai transaksi di ATM selama 4 hari masa libur itu mencapai Rp70 Miliar,atau lebih Rp15 Miliar per hari ” terangnya.
Irwan mengatakan pada tahun 2019, ada rencana penambahan sekitar 12 unit ATM lagi. Utamanya untuk lokasi yang nilai transaksinya tinggi. “Sebanyak 7 unit ATM tambahan itu nantinya berada di bawah naungan Cabang Utama dan sisanya lagi di bawah naungan Cabang Pasar Raya dan Siteba,” papar Irwan.
Sementara itu untuk pengadaan ATM setoran tunai atau yang biasa disebut CDM (Cash Deposit Machine), ia mengatakan memang ada rencana namun belum terealisasi. “Kami masih menunggu dari direksi soal hal ini,” katanya.
Bank Nagari Cabang Utama di antaranya membawahi Capem Indarung, Capem UNP, Capem Universitas Andalas, Capem Gubernur, Jalan Niaga dan Capem Universitas Bung Hatta.
Sedangkan untuk Kantor Kas yang berada di bawah naungan cabang Utama diantaranya Kantor Kas di Samsat, IAIN IB, Pasar Baru, Alai , Semen Padang Hospital dan PGRI. (r)

Exit mobile version