Tabligh Akbar sebagai penutup Rangkaian Program YBM PLN di Pasaman Barat

Pelepasan Tim YBM PLN UIP Sumbagteng menuju Lokasi Gempa Pasaman Barat oleh Manager UPP Sumbagteng 2, Nurindah Aristi Supiartni (tengah).

PASAMAN BARAT – Gempa M 6,2 yang disertai longsor terjadi di Pasaman Barat, Sumatera Barat pada 25 Februari 2022 lalu. Gempa terjadi sekitar pukul 08.39 WIB dengan pusat gempa di timur laut Pasaman Barat dengan kedalaman 10 kilometer (km) mengakibatkan banyak rumah warga yang ambruk disertai longsor pada 9 titik yang menutup akses jalan. Bencana alam ini masih menyisakan trauma bagi masyarakat terutama anak-anak yang berada di lokasi gempa.

Dalam rangka memberikan motivasi dan semangat kepada korban sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H, Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Tengah (UIP Sumbagteng) hadir pada Minggu, (27/03/2022) melaksanakan kegiatan tabligh akbar sebagai penutup rangkaian kegiatan atau program YBM PLN  yang dimulai sejak tanggal 26 Februari 2021 dan telah selesai dilaksanakan di Kampung Betung Jorong Timbo Abu Nagari Kajai Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat.

Ada 6 program YBM PLN UIP Sumbagteng yang telah dilaksanakan dilokasi bencana gempa bumi Pasaman Barat di antaranya: 1. Pemberian Sembako, Tenda terpal, Karpet, Popok Bayi dan nasi bungkus untuk korban diwilayah Kajai, Posko Pengungsian Kantor Bupati Pasaman Barat, Timbo Abu dan Posko pengungsian di Malampah. 2. Dapur umum untuk 9.450 porsi makanan dibagikan ke rumah-rumah atau tenda korban dilaksanakan selama 7 hari berturut – turut di Kampung Betung Jorong Timbo Abu, 3. Aksi Medis untuk korban atau warga yang sedang sakit. 5. Trauma Healing (Sekolah Ceria YBM PLN dan Maghrib Mengaji untuk anak-anak korban gempa) dilaksanakan di tiga tempat yaitu: Kampung Betung, Kajai dan Timbo Abu Ateh, dan yang ke 6 adalah Tabligh Akbar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H.

Meskipun dilaksanakan di tempat yang sederhana dan darurat, jamaah tetap ramai dan antusias mengikuti ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Kasmir, S.Pd dari Pasaman Barat.

Tabligh Akbar dengan mengambil tema “Menggapai Ampunan dan Keberkahan di Bulan Kemuliaan” ini, dihadiri oleh Ketua YBM PLN UIP Sumbagteng, Fazri yang didampingi Amil YBM PLN serta Tokoh Masyarakat, Ninik Mamak dan Masyarakat Jorong Timbo Abu.

Dalam sambutannya, Fazri menyampaikan, “Kita sudah Bersama disini sejak hari ke 2 gempa (26/02/2022) dan sudah banyak program yang kita jalankan disini dan alhamdulillah semua berjalan lancar berkat bantuan dan Kerjasama kita semua”.

Fazri menambahkan, Kami berharap walapun yang kami sumbangkan tidak terlalu banyak dan nilainya tidak terlalu besar, namun dapat meringankan beban bapak dan ibu semua. Mudah-mudahkan ujian dari Allah ini dapat kita lalui dan setelah ini kita bisa bangkit Kembali dan memulai kehidupan kita seperti biasa lagi. Mudah-mudahan ujian ini sebagai pengingat kita kepada Allah SWT”. Ujarnya.

“Terima kasih kami sampaikan kepada YBM PLN atas perhatian dan kepeduliannya kepada kami masyarakat Kampung Betung, mohon doa dan dukungannya agar semua segera pulih seperti sediakala,” Ujar Taufik selaku Tokoh Masyarakat.(*)

Exit mobile version