PALU, METRO – Telkomsel telah berhasil melakukan pemulihan 90% site BTS layanan seluler pasca bencana gempa yang terjadi di Sulawesi Tengah dengan cakupan voice mencapai 94% dan internet 90%. Kondisi ini memungkinkan masyarakat untuk dapat melakukan aktivitas komunikasi dengan normal, bahkan untuk beberapa wilayah yang terdampak bencana paling parah seperti Palu dan Kota Donggala, cakupan layanan voice, SMS maupun internet telah mencapai 100%.
Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan, “Sebagai operator yang memiliki cakupan terluas dan site-site BTS yang tersebar di Sulawei Tengah tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi kami untuk memulihkan jaringan pasca bencana,” ujarnya.
“Kami bersyukur recovery jaringan dapat berlangsung dengan cepat sesuai target yang diberikan pemerintah, saat ini telah mencapai 90 persen, sehingga kini masyarakat sudah bisa memanfaatkan layanan komunikasi dengan normal.” sambungnya.
Aktivitas yang terus dilakukan adalah memantau site-site jaringan yang mengalami gangguan ataupun berpotensi gangguan untuk kemudian dipulihkan dengan memobilisasi 218 mobile genset untuk catuan daya dan memasang 3 mobile BTS.
“Kami menyadari bahwa layanan komunikasi sangat penting saat kondisi bencana seperti ini, khususnya untuk mengabarkan keluarga, koordinasi SAR, BNPB, TNI-Polri maupun update kondisi terkini wilayah bencana bagi pihak-pihak berkepentingan. Untuk itu kami terus fokus dalam mendukung kelancaran penanggulangan bencana ini,” tambah Bob.
Seiring upaya pemulihan pemulihan jaringan, Telkomsel juga melakukan berbagai upaya kepedulian. Telkomsel memberikan paket gratis nelpon dan SMS ke semua operator 24 jam yang berlaku selama seminggu, bagi seluruh pelanggan di Palu dan Donggala. Paket gratis nelpon dan SMS dapat diaktifkan dengan menu UMB *888*20# atau SMS, Ketik SULTENG Kirim ke 8999. Pelanggan akan mendapatkan 50 menit dan 200 SMS Gratis ke seluruh operator dan berlaku selama seminggu.
Telkomsel juga menyerahkan 1.000 SIM Card SimPATI kepada aparat POLDA Sulteng dan para relawan kemanusiaan untuk kemudahan komunikasi dan koordinasi di lapangan.
“Kami juga membuka posko-posko siaga bencana yang selain berfungsi sebagai pusat komando juga memberikan bantuan kepedulian dan telpon gratis bagi korban bencana. Selain itu bagi pelanggan yang ingin berdonasi, Telkomsel bekerjasama dengan Rumah Zakat membuka layanan donasi bagi korban gempa Donggala melalui UMB *800*01#, aplikasi TCASH, maupun QR Code,” tutup Bob. (heu)