Menu

Meski Tua, Semangat Juang masih Tinggi

  Dibaca : 88 kali
Meski Tua, Semangat Juang masih Tinggi
TEGAR—Meski tua, namun seamangat para pejuang 45 ini tetap tegar. Dengan mengepalkan tangan, menyemangati generasi muda. (efa nurza/posmetro)

PDG.PARIAMAN, METRO – Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan (DHD BPK) 45 Sumatera Barat terkesan kepada Dewan Harian Cabang (DHC) BPK 45 Kabupaten Padangpariaman, karena semangat juang para pelaku sejarah yang masih aktif dalam organisasi kejuangan tersebut. Meski usia mereka telah tua, tapi semangat juang tetap tinggi.

Hal ini dibuktikan kehadiran dalam pertemuan dan berdisiplin memakai seragam organisasi seperti terlihat di Kantor Camat Sintoga, kemarin.

Memperhatikan kondisi tersebut Ketua H Azmal Zen mewakili Ketua Umum Mayjen Purn Amril Amir Dt Palindih merespon positif semangat para sesepuh itu sehingga pantas dijadikan contoh.

Dalam dialog dengan Ketua DHC, Ismail, terkandung hasrat untuk merevitalisasi kepengurusan DHR BPK 45 Kecamatan Sintoga membangun kantor di lokasi monumen bersejarah Surau Batu dan mengangkat pejuang Baharuddin Nan Kodoh menjadi Ketua Ranting DHR BPK 45 Kecamatan Sintoga yang juga urang tuo Suku Koto pemilik Tanah Ulayat lokasi Monumen Surau Batu.

“Bahar Nan Kodoh disepakati sebagai Ketua Ranting, membuktikan penghormatan kita kepada beliau yang dulu ikut berjuang dan sampai hari ini masih bersedia berkorban harta, tenaga, waktu dan pemikirannya untuk bangsa dan negara. Data dan informasi tentang pengorbanan kaum Suku Koto Nagari Sintuak ini akan menjadi catatan pada monumen yang akan dibangun disamping jati diri para syuhada surau batu berikut kaum dan nagari asal mereka,” ujar Ismail.

Lebih lanjut Ismail mengatakan bahwa revitalisasi DHR BPK 45 Kecamatan Sintoga sejalan dengan rencana pembangunan Monumen Surau Batu yang menjadi satu paket proposal yang akan diusulkan kepada Pemerintahan Nagari, Kecamatan dan Kabupaten Padang Pariaman dalam waktu dekat.

“Kalau memungkinkan Upacara Hari Pahlawan 10 November 2019 tingkat Kecamatan diselenggarakan di lokasi Monumen Surau Batu Nagari Sintuak Kecamatan Sintuak Toboh Gadang,” harap Ismail mengakhiri.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional