Menu

Meski Surplus, Konsumsi Beras Harus Dijaga

  Dibaca : 50 kali
Meski Surplus, Konsumsi Beras Harus Dijaga
MENU BERAGAM— Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit ketika melihat menu beragam bergizi pada kegiatan peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Sumbar ke 38 di Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Selasa (6/11).

PADANG, METRO – Konsumsi masyarakat Sumbar terhadap beras masih terlalu tinggi. Dalam satu hari, 76,45 persen, konsumsi masyarakat adalah beras, sedangkan idealnya hanya 50 persen.

“Ini perlu jadi perhatian. Sebab banyak makan beras bisa memicu tingginya kadar gula dalam darah yang efeknya diabetes,” ungkap Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit ketika membuka peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Sumbar ke 38 di Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Selasa (6/11).

Menurut Nasrul Abit, pola konsumsi masyarakat Sumbar belum beragam. Pemenuhan karbohidrat masih didominasi beras. Padahal bisa disubstitusi dengan umbi-umbian. Apalagi umbi-umbian dapat diolah menjadi kue atau penganan lain yang dikombinasikan berbagai rasa sehingga tidak membosankan dikonsumsi.

“Pagi ketemu nasi, siang nasi, malam nasi. Coba kalau malam makan kue dari ubi, mengenyangkan juga. Penganekaragaman pangan harus dilakukan. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan daerah. Saat ini kita surplus beras, tapi kalau konsumsi tidak dijaga, bisa terjadi kekurangan,” harapnya.

Nasrul Abit berharap, masyarakat mengurangi konsumsi beras, dengan meningkatkan konsumsi ke pangan lain, seperti ikan, buah, dan sayur, supaya tercipta keberimbangan gizi dalam konsumsi masyarakat.

Bupati Sutan Riska Tengku Kerajaan menyampaikan, Dharmasraya walaupun daerah terujung di Provinsi Sumbar, keinginan untuk menjadi salah satu daerah yang maju terbaik di Sumbar.

Visi pemikiran ke depan bagaimana Dharmasraya disebut hutan sawit,  juga mampu berkiprah dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan daerah dan nasional, walaupun masih berusia 14 tahun.

“Berbagai penghargaan dan keberhasilan pembangunan Dhamasraya telah terlihat nyata. Kita juga terus mengirim putra dan putri Daerah terbaik sekolah di luar negeri, yang suatu nanti mesti kembali bagaimana memajukan Dharmasraya lebih baik lagi, dari Dharmasraya untuk Indonesia,” tegas Sutan Riska.

Dalam peringatan Hari Pangan Sedunia tingkat Sumbar juga digelar, lomba cipta menu beragam bergizi, seimbang dan aman, yang diikuti oleh Tim Penggerak PKK kabupaten/ kota se Sumbar. (mil)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional