Close

Meriahkan Pasar Rakyat, PLN Akrabkan PLN Mobile kepada Masyarakat

pasar rakyat— PLN bersama beberapa BUMN di Kota Payakumbuh adakan Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) dalam bentuk pasar rakyat dan bazar hasil kerajinan UMKM binaan BUMN, Jumat (29/07).

PAYAKUMBUH, METRO–PLN bersama beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Kota Payakumbuh adakan Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) dalam bentuk pasar rakyat dan bazar hasil kerajinan UMKM binaan BUMN, Jumat (29/07). Acara yang digelar di GOR Kubu Gadang Kota Payakumbuh itu ramai dipenuhi masyarakat yang berkunjung dengan antusias.

Hadir bersama PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh yaitu Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Payakumbuh, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Payakumbuh, Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM).

Selain dibuka langsung oleh Walikota Paya­kumbuh Riza Falepi, Pasar Rakyat dan Bazar UMKM BUMN ini pun dihadiri langsung oleh Staf Khusus III Kementerian BUMN Arya Mahendra Sinulingga, serta Kapolresta Payakumbuh AKBP Alex Prawira, Sekdako Payakumbuh Rida Ananda, dan pimpinan-pimpinan BUMN di Kota Payakumbuh serta Kabu­paten Lima Puluh Kota.

Riza Palefi dalam sambutannya menyampaikan penghormatan dan terima kasih kepada BUMN di lingkungan Kota Payakumbuh dan Lima Puluh Kota yang berperan besar terhadap kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

‘’Banyak UMKM yang telah tumbuh dan mapan di Kota Payakumbuh berawal dari UMKM binaan BUMN. Penghormatan tertinggi untuk BUMN yang berperan nyata memajukan UMKM lewat berbagai program pengembangan dan dana bantuan,’’ sebutnya.

Dikatakan Reza Palefi, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Maka peran BUMN terhadap UMKM adalah peran penting terhadap pertumbuhan perekonomian bangsa. “Semoga BUMN dapat terus berperan aktif mengawal kemajuan UMKM,’’ lanjut orang nomor satu Kota Payakumbuh tersebut.

Sementara itu Wilsriza, Manager UP3 Payakum­buh menyampaikan, PLN mendukung kemajuan UMKM lewat berbagai program. Diantaranya program bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) untuk pelaku UMKM  dan UMKM Binaan melalui Rumah BUMN.

‘’Tahun 2022 ini, TJSL PLN disalurkan pada program pendidikan, program pengembangan UMK, dan program lingkungan. Maka kebetulan saat ini pengembangan UMKM adalah fokus kami. Lewat program-program pengembangan UMKM, PLN mendukung pengembangan potensi ekonomi kerakyarakat serta membina UMK naik kelas,’’ jelasnya.

Pada gelaran Pasar Rakyat dan Bazar UMKM Binaan BUMN ini, Wilsriza beserta tim pun akrabkan PLN Mobile serta berbagai Program Promo PLN terkini kepada pelaku UMKM dan masyarakat yang hadir.

Program Promo Nyaman Kompor Induksi con­toh­nya, masih berlangsung hingga 31 Desember 2022. Program ini memberikan promo diskon biaya Penambahan Daya hanya Rp.150.000,- untuk pelang­gan yang telah membeli kompor induksi di marketplace atau outlet rekanan PLN.

Sebagai komitmen memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat, Wilsriza beserta tim mengajak masyrakat yang belum memiliki PLN Mobile untuk segera menginstal aplikasi tersebut. ‘’Kami ingin lebih banyak masyarakat mengenal dan menggunakan PLN Mobile karena kami ingin pelayanan PLN hadir dengan mudah pada geng­gaman seluruh pelanggan kami,’’

Tunjukkan dukungan terhadap transformasi layanan PLN melalui PLN Mobile, Sekdako Paya­kum­buh Rida Ananda lakukan penginstalan PLN Mobile langsung di lokasi acara. Kepada PLN, Rida lantas menyampaikan bahwa transformasi pelayanan dengan mengadopsi kemajuan teknologi memang adalah suatu kebutuhan saat ini.

‘’PLN sudah melangkah maju untuk transformasi pelayanan. Semoga bisa digunakan oleh masyarakat untuk memudahkan mendapatkan informasi dan pelayanan dari PLN,’’ sebutnya, Selasa (02/08).

Disampaikan Wilsriza, PLN Mobile pun telah dilengkapi fitur jual beli online, yang dinamai “Marketplace”. Melalui fitur ini UMKM dapat memperluas media penjualannya. ‘’Ini satu lagi dukungan kami kepada UMKM. Dengan fitur “Marketplace” UMKM dapat bertemu berbagai pembeli dan penjual secara online. Kini sudah banyak UMKM maupun bisnis menengah sudah bergabung pada Marketplace PLN Mobile,” ungkapnya.(ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top