Menu

Meriahkan HUT RI di Pantai, Alumni SMP 15 Tamatan 94 Tanam Cemara Laut

  Dibaca : 141 kali
Meriahkan HUT RI di Pantai, Alumni SMP 15 Tamatan 94 Tanam Cemara Laut
CEMARA LAUT— Alumni SMP 15 Padang tamatan 1994 menanam cemara laut (Casuarina equisetifolia) di Pantai Pasir Jambak, Pasia Nan Tigo, Kototangah, Minggu (18/8). (Ist )

PASIA JAMBAK, METRO – Tidak hanya sekadar memeriahkan HUT ke-74 RI dengan aneka lomba, alumni SMP 15 Padang tamatan 1994 juga menggelar bakti sosial. Puluhan alumni SMP di Lubukbuaya, Kotottangah itu menanam cemara laut (Casuarina equisetifolia) Pantai Pasir Jambak, Pasia Nan Tigo, Kototangah, Minggu (18/8).

Ketua alumni SMP 15 Padang tamatan 94 Zulkifli didampingi ketua pelaksana acara HUT Pati Hariyose menyebutkan, acara reuni adalah acara ketiga kali pascadidirikannya organisasi ini. Mereka tidak hanya ingin reunian saja, tapi juga harus memberikan manfaat untuk masyarakat banyak. Salah satunya dengan program penanaman cemara laut ini.

“Seperti biasa, acara HUT kemerdekaan RI kita isi dengan lomba makan kerupuk, lomba pacu karung, dan lainnya. Pesertanya alumni dan keluarganya. Jadi acara sangat ramai. Kita menyadari, kegiatan akan lebih bermakna jika diisi dengan bakti sosial,” kata Yose yang juga pendiri Konservasi Penyu Pasir Jambak ini.

Penanaman cemara laut ini, sebut Yose, dilakukan di titik-titik yang sebelumnya sudah ditanam bibit cemara. Tapi karena ombak yang cukup tinggi sekian lama, mengakibatkan bibit mati. Karena itulah penyisipan dilakukan untuk menghijaukan kawasan Pasir Jambak ini. Sejatinya cemara laut tidak sulit tumbuh, tapi kalau bibit langsung dihajar ombak, maka cepat rusak.

“Alhamdulillah, kegiatan hari ini berjalan lancar berkat kerja sama pengurus alumni SMP 15 tamatan 1994 ini. Semoga kita bisa terus melakukan reuni yang bermanfaat di masa yang akan datang. Kalau sekarang penanaman cemara laut, besok bisa melalukan berbagai kegiatan lain yang juga bermanfaat. Yang jelas, alumni akan terus merancang kegiatan-kegiatan yang bermanfaat,” katanya.

Yulia, seorang alumni mengaku berkesan dengan kegiatan yang dilakukan hari itu. ASN Pemprov Sumbar itu menyebut, penanaman cemara pohon itu adalah bagian dari tujuan didirikannya perkumpulan alumni. “Sekarang kita bisa menanam cemara laut. Tapi sayang anak-anak tidak sempat melepas tukik atau anak penyu karena belum menetas. Mungkin lain kali bisa,” katanya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional