Close

Meriahkan HUT Bhayangkara ke 75, Polres Sa­wah­lunto Gelar Vaksinasi Sinovac Massal

VAKSIN MASSAL--Sambut HUT Bhayangkara ke 75, Kapolres AKBP Junaidi Nur SIK meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal.

SAWAHLUNTO, METRO–Sambut HUT Bhayang­kara ke 75 Polres Sa­wah­lunto menggelar vaksinasi sinovac massal untuk ma­syarakat Sawahlunto, yang berlangsung di Polsek Kota Sawahlunto Kamis (24/6). Kapolres AKBP Ju­naidi Nur SIK yang  lang­sung meninjau pelak­sa­naan vaksin tersebut me­nyatakan, kegiatan ini merupakan aksi men­du­kung program pemerintah RI untuk memvaksinasi masyarakat yang belum divaksin akibat keter­se­diaan vaksin yang terba­tas beberapa waktu lalu. “ Waktunya tepat dengan HUT Bhayangkara ke 75, jadi dikondisikan serang­kaian kegiatan sosial je­lang HUT Bhayangkara yang jatuh 1 Juli 2021, termasuk memberikan bantuan Sosial dan vak­sinasi,” ujar kapolres.

Menurut kapplres, un­tuk hari ini target sekitar 200 warga yang divaksin tapi bisa juga lebih. Infor­masi vaksin Covid-19 ini disebarkan ke seluruh masyarakat Sawahlunto dengan peran serta Bha­binkamtibmas da­lam. pe­nyampaiannya.” Kita me­minta kesediaan dan ker­jasama dari pihak Dinas Kesehatan untuk penye­diaan vaksin sinovac,” kata Junaidi.

Kapolres dalam ke­sem­patan itu me­ngingat­kan, warga Sawahlunto meskipun telah divaksin, tetapi kemanapun pergi harus tetap memakai mas­ker dan mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer. “ Tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga jarak, serta per­kuat imun tubuh dengan berolahraga dan kon­sum­si vitamin. Perbanyak ma­kan makanan yang ber­gizi,” tutur Junaidi.

Kabid Puskesmas Dan Pengendalian Penyakit dr  Ranu Vera Mardianti me­nyebutkan, saat ini vaksin yang dibawa berjumlah 20 botol untuk.200 orang. “Un­tuk tenaga medis kami kerahkan sekitar 30 orang dari 3 Puskesmas yaitu Puskesmas Kolok, Puskes­mas Sungai Durian dan Puskesmas Lunto. “ Kami siap menambah vaksin bila jumlah warga ber­tambah, dan masih kami fasilitasi sampai sore,” kata Junaidi.

Melihat jumlah pe­ser­ta vaksin yang ramai dan antusias mulai dari lansia sampai anak muda. “ Un­tuk masyarakat Sawah­lunto yang ingin divaksin jangan kuatir dan takut, sebab sebelum divaksin akan di periksa dulu kese­hatannya, bila memenuhi standarisasi bisa divaksin maka boleh langsung di­sun­tik sinovac, bila tidak memenuhi standarisasi maka ditunda dulu. Silah­kan saja kunjungi Pus­kesmas terdekat untuk divaksin,” kata Junaidi.

Di samping itu kapol­res menjelaskan,  nanti akan diberikan sertifikat setelah divaksin secara online melalui nomor hand­phone wattsapp yang telah diminta pada saat pendaf­taran, satu hari setelah vaksin ini akan keluar sertifikatnya. “Untuk ke­lan­jutan vaksin yang ke­duanya setelah 14 hari dilaksanakan pada Pus­kesmas terdekat dengan membawa surat kete­ra­ngan telah divaksin hari ini,” ujar Junaidi. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top