Close

Meriahkan Hoyak Tabuik, OLC Pariaman Berkerjasama dengan Komunitas Teh Talua Pasaman

WAWANCARA—Ketua OLC Kota Pariaman Alwis Ilyas saat diwawancarai oleh beberapa media di Pariaman.

PARIAMAN, METRO–Komunitas Ota Lapau Club (OLC) Kota Pariaman bekerjasama Komunitas Teh Talua Piaman ikut meriahkan Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022 dengan menyediakan 100 gelas teh talua semalam selama prosesi dilaksanakan.

 Ketua OLC Kota Pariaman Alwis Ilyas mengatakan, sebanyak 100 teh talua ini akan disuguhkan pada anak Tabuik atau masyarakat yang berkerja mulai malam ketiga di rumah Tabuik pasa. Program ini merupakan kali pertama dilaksanakan dalam proses Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman di Kota Pariaman.

Menurut Alwis, teh Talua adalah minuman yang banyak disukai masya­rakat Kota Pariaman khu­susnya kaum lelaki. Se­hingga dalam rangka memeriahkan festival Hoyak Tabuik dan memperkenalkan teh Talua pariaman ke dunia luar, OLC bersama Komunitas Teh Talua Pariaman akan menyediakan 100 gelas teh Talua perai (gratis). “Kami akan me­mulai program ini pada ma­lam ketiga festival Ho­yak Tabuik 2022 di rumah Tabuik pasa,” katanya.

Ia menyampaiakan, perkiraannya selama pro­sesi itu setidaknya ada sekitar 1000 butir telur dibutuhkan selama berlangsungnya prosesi Hoyak Tabuik. “Pembagian teh Talua perai ini tidak dibatasi, setiap malam orang yang sama juga boleh me­nikmati asalkan jatahnya masih ada,” kata Alwis.

 Dikatakannya, sampai saat ini pihaknya sudah membentuk tim untuk mem­buat minuman khas Minang ini dan melayani masyarakat yang hendak menikmati teh Talua di Rumah Tabuik Pasa. Selain itu beberapa masyarakat juga sudah badoncek untuk memenuhi kebutuhan telur, gula, teh, susu dan lainnya untuk pendamping acara prosesi pembuatan Tabuik ini.

 Lebih lanjut, kata Alwis, untuk pengumpulan sumbangan disampaikan melalui media sosial. “Kami perkirakan sejak donasi dibuka, kami sudah mengumpulkan sebanyak 1.200 butir telur dari sumbangan tersebut. Penyumbang ini berasal dari masyarakat, tokoh masyarakat dan pe­rantau Pariaman yang berada di luar kota,” ungkapnya. (ozi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top