Close

Merawat Kerukunan Tugas Bersama di Kota Sawahlunto 

Sosialisasi Kerukunan di gelar oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Sawahlunto kepada 37 orang ketua pengurus karang taruna desa/kelurahan se-Kota Sawahlunto, Kamis (28/10).

SAWAHLUNTO, METRO–Sosialisasi Kerukunan di gelar oleh Forum Keru­kunan Umat Beragama (FKUB) Kota Sawahlunto  kepada 37 orang ketua pengurus karang taruna desa/kelurahan se-Kota Sawahlunto, Kamis (28/10).

Sosialisasi melibatkan pula instansi terkait yakni Kementerian Agama serta Badan Kesbangpol PBD setempat.

Ketua FKUB Kota Sa­wahlunto Adi Muaris me­ngajak jajaran karang taruna agar turut serta bersama-sama menjaga dan memelihara kerukunan umat beragama.

“Menciptakan dan me­rawat kerukunan tugas kita bersama disamping pemerintah,” ujarnya pa­da di acara itu yang diadakan di aula Kemenag Sa­wahlunto.

­Adi menjelaskan, ke­rukunan sebenarnya akan selalu terpelihara selama diantara sesama masya­rakat saling berbaur, menjalin hubungan silaturahim tanpa membeda-bedakan satu sama lain.

Pemateri Kabid Kesbangpol PBD Kota Sawah­lunto Susilo Hadi mengatakan, inti kegiatan pembinaan ini bagaimana ka­rang taruna bisa mengimplementasikan kerukunan umat beragama di sekitar tempat tinggal.

Menurut dia, kendati Sawahlunto masih berada dalam situasi aman bukan berarti tidak ada upaya pihak lain yang akan meng­ganggu ketenteraman selama ini.

“Jangan sampai terprovokasi dengan informasi tidak benar yang beredar di media sosial,” pungkasnya.

Sementara Kepala Kan­­kemenag Kota Sawahlunto Dedi Wandra menyebutkan, peran Kemenag terhadap kerukunan umat beragama yaitu regulator, promotor serta aktor psi­komotor.

“Mari rawat kerukunan karena rukun itu pen­ting dalam hidup, tanpa rukun kita tidak bisa me­lakukan apa-apa,” tutup Dedi.

Dedi berharap kejadian masa lalu menyebabkan terganggunya keru­ku­nan hidup beragama agar dijadikan pelajaran penting untuk dipetik se­hingga tidak kembali terjadi. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top