Menu

Merah Putih Berkibar di Dasar Laut di Pulau Sinyaru, Kota Pa­dang

  Dibaca : 139 kali
Merah Putih Berkibar di Dasar Laut di Pulau Sinyaru, Kota Pa­dang
KIBARKAN BENDERA-Pengibaran bendera Merah Putih oleh personel Polda Sumbar di dasar laut di perairan Pulau Sinyaru, Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

PADANG, METRO–Peringati dirgahayu ke­merdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun, Polda Sumbar melaksankan upa­cara bendera di dasar laut, di Pulau Sinyaru, Kota Pa­dang. Bendera Merah Putih pun berhasil dikibarkan di dasar laut.

Dirlantas Polda Sum­bar Kombespol Yofie Gi­rian­to Putro mengatakan, mengibarkan bendera Me­­rah Putih saat upacara di dasar laut tentu ada ber­bagai kesulitan dan tan­tangan yang harus diha­dapu. Butuh kemampuan khusus agar bisa bertahan di dasar laut. 

“Kesulitan-kesulitan itu  tidak menyurutkan sema­ngat kami untuk melaksa­nakan upacara di dasar laut, sehingga bendera Merah Putih bisa dikibar­kan di dasar laut,” ungkap Kombes Pol Yofie, Selasa, (17/8).

Kombes Pol Yofie me­nu­turkan, dengan kendala mengibarkan bendera Me­rah Putih di dasar laut, pihaknya juga bisa mera­sakan kesulitan yang diala­mi oleh para pejuang ketika merebut kemerdekaan Re­publik Indonesia dari pen­jajah. 

“Para pejuang bangsa rela mengorbankan nya­wa demi merebut dan mem­­pertahankan Negara Kesa­tuan Republik Indonesia (NKRI), dan itu (me­rebut dan memperta­han­kan) le­bih sulit lagi di­bandingkan mengibarkan bendera di dasar laut,” ungkapnya.

Menurut Kombes Pol Yofie, mengibarkan ben­dera Merah Putih di dasar laut dilakukan untuk me­ngenang jasa-jasa pah­lawan kemerdekaan bang­sa Indonesia. Kemer­dekaan Republik Indonesia harus diisi dengan meng­hargai jasa pejuang. 

“Jasa-jasa pejuang bang­­sa tidak bisa diukur dengan apapun, jasa me­reka tidak dapat tergan­tikan. Pahlawan kemer­dekaan bangsa adalah to­koh penting dalam sejarah Indonesia,” ungkap Kom­bes Pol Yofie. 

Ia menjelaskan, pengi­baran bendera Merah Pu­tih sebagai cara  untuk me­ning­katkan rasa cinta ter­hadap tanah air Indonesia, dalam memperingati ke­mer­dekaan. 

“Dalam kehidupan se­ha­ri-hari, kita harus meng­hargai jasa-jasa pejuang bangsa dengan menghor­mati satu sama lainnya, kemudian tidak melupakan jasa pahlawan, dan me­mupuk semangat cinta tanah air,” sebut Kombes Pol Yofie.

Kombes Pol Yofie me­ne­gaskan, selain mengi­barkan bendera Merah Putih di dasar laut, juga dilaksanakan pengibaran bendera di udara, bekerja-sama dengan personel TNI Angkatan Udara Lanud Sutan Sjahrir.

“Pengibaran bendera Merah Putih di langit Kota Padang dilakukan dengan menggunakan paralayang, dilaksanakan di Bukit Gado-Gado, Kota Padang,” ujar Kombes Pol Yofie.

Sementara itu, Kabid Humas Kombespol Polda Sumbar Satake Bayu, me­nyebutkan, pengibaran bendera Merah Putih dilak­sanakan di perairan Pulau Sinyaru, Kecamatan Bu­ngus, Kota Padang, pada Minggu (15/8). 

“Kegiatan ini juga dii­kuti oleh Pak Wakapolda, Pak Dansat Brimob, dan beberapa orang personel Ditlantas, Brimob, dan Po­lairud Polda Sumbar lain­nya,” tutup Kombes Pol Satake. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional