Menu

Menuju Wisata Tahun 2021, Wisatawan Disajikan Atraksi-Atraksi Seni Menarik

  Dibaca : 530 kali
Menuju Wisata Tahun 2021, Wisatawan Disajikan Atraksi-Atraksi Seni Menarik
SAMBUTAN— Wali Kota Pariaman Genius Umar berikan sambutan saat membuka iven wisata.

Laporan : Efanurza, Kota Pariaman
Mengawali Calender Of Event (COE) Kota Pariaman Tahun 2021, Wali Kota Pariaman Genius Umar meresmikan “Pentas Seni Pantai Kata”di Kelurahan Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah dan Desa Taluak Kecamatan Pariaman Selatan. Semua itu terujut berkat kegigihan Kepala Disparbud Kota Pariaman Dwi Marhen Yono dalam mengaet dana Kementerian Pariwisata untuk berdirilah pentas seni pantai kata.

Sehingga tercipta dengan cantiknya, dan sekaligus menjadi titik tumpu destinasi wisata Kota Pariaman. “Jadi sepanjang 12,6 KM dari destinasi wisata pantai sunur sisi selatan Kota Pariaman, pantai kata, pantai cermin, pantai gandoriah, pantai pauh, pantai apar, pantai manggung, sampai ke pantai naras, semuanya akan kita format menjadi titik-titik pariwisata yang bagus dan menjadi tujuan wisata yang nomor satu di Sumatera Barat jika semuanya full design,” ungkap Genius Umar.

Untuk itu beliau meminta kepada pemerintah provinsi untuk lebih memperhatikan daerah-daerah yang berada di luar ibukota provinsi seperti, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman, Solok, Pesisir Selatan.

“Kalau ibukota provinsi saja yang diurus itu namanya juga tidak bekerja, tetapi itu namanya auto pilot, dengan artian walaupun tidak diurus dia akan maju sendiri,” ucapnya.

Walaupun seperti itu kami beserta seluruh masyarakat Kota Pariaman, akan tetap bersemangat untuk membangun Kota Pariaman sebagai tempat tujuan wisata yang nomor satu, dan saya juga beri apresiasi kepada Disparbud Kota Pariaman yang telah memperlihatkan inovasi dan usaha mereka untuk membangun dan mengembangkan wisata Kota Pariaman agar lebih maju dan lebih dikenal oleh masyarakat luar.

Dalam rangka pembinaan dan pelestarian kesenian dan budaya serta menunjang minat kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman. Atas dasar itulah sekarang dilaksanakan launching “Pariaman Culture Every Week” di Pentas Seni Pantai Kata Pariaman. Pariaman Culture Every Week ini adalah berupa penampilan seni budaya tradisional dan kreasi yang diadakan di objek-objek wisata Kota Pariaman, setiap hari Sabtu sore selama tahun 2021.

Wali Kota Pariaman Genius Umar langsung menyaksikan penampilan seni acara Pariaman culture every week, penonton dan juga wisatawan yang datang kelokasi acara juga bisa melihat keindahan sunset paling bagus di Indonesia.

“Penampilan seni setiap sabtu sore selama tahun 2021 di pentas seni pantai kata ini, juga bertujuan untuk menggali potensi-potensi seni yang ada pada masing-masing generasi muda yang ada di Kota Pariaman, karena yang tampil disini adalah siswa-siswi SD, SLTP, SLTA, dan juga sanggar-sanggar seni yang ada di Kota Pariaman,” terang Genius Umar.

“Jadi mereka yang mempunyai bakat-bakat terpendam selama ini bisa ditampilkan setiap sabtu sore di pentas seni ini, sekaligus menggali potensi, dan bakat seni mereka sehingga nantinya bisa dikembangkan ke pentas seni tingkat Nasional bahkan Mancanegara, sekaligus memperkenalkan destinasi-destinasi wisata yang ada di Kota Pariaman,” ungkapnya.

Beliau juga sampaikan, “Insya Allah selama tahun 2021 masyarakat Kota Pariaman dan wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Pariaman akan selalu dihibur dengan atraksi-atraksi seni yang menarik, dengan syarat mereka yang datang berkunjung harus selalu mematuhi protokol kesehatan covid-19 yang telah ditetapkan.

“Semoga semua kegiatan wisata yang telah direncanakan oleh Pemerintah Kota Pariaman selama tahun 2021 ini bisa berjalan lancar, dan protokol kesehatan akan selalu dijalankan, sehingga penularan covid-19 bisa dicegah, dan Kota Pariaman semakin dikenal dengan seni, budaya, dan wisatanya,” kata Walikota Pariaman Genius Umar.

Sementara Sekolah yang dinahkodai oleh sang Kepala Sekolah Azral Malvinas ini mengapresiasi atas ditunjuknya SD N 19 Kampung Baru sebagai penampilan perdana dalam Pariaman Culture Everyweek di sepanjang Tahun 2021 ini. “Kami mendapat kehormatan dengan ditunjuknya kami sebagai penampilan sekolah perdana untuk ajang pentas budaya Kota Pariaman yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, untuk meramaikan dan melestarikan kesenian daerah,” ujar Azral yang juga Ketua Perserosi Kota Pariaman.

SD Batingkek sebutan lain dari SD N 19 Kampung Baru ini memang sering ditunjuk untuk menjadi perwakilan Kota Pariaman dalam ajang FL2SN (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional), yang diadakan di Provinsi sampai tingkat Nasional, dan beberapa kali pernah menjadi juara pertama.

“Anak-anak kami yang tampil ini menjalankan latihan secara rutin yang diadakan di sekolah, dan mereka sebagian adalah peserta FL2SN untuk Provinsi Sumbar di tahun sebelumnya, dan hari ini kita tampilkan dihadapan tamu dan undangan serta masyarakat yang ada di Pantai Kata ini,” tukasnya.

Dalam Pariaman Culture Everyweek 2021 ini, SD N 19 Kampung baru menampilkan 3 buah pertunjukan, mulai dari gandang tasa, tari indang dan tari kreasi yang berkisah tentang nelayan yang menangkap ikan di laut Pariaman.

“Ada 3 penampilan yang dibawakan oleh anak-anak kami, dimana dari penampilan perdana ketika menyambut kedatangan walikota dan rombongan yang hadir di Pentas Seni Pantai Kata ini, dilanjutkan dengan Tari kreasi dan Tari Indang, dan alhamdulillah, seluruh penampilan tadi mendapat tepuk tangan penonton dan tamu undangan yang hadir,” ungkapnya.

Selain Launching Pariaman Culture Everyweek 2021, juga dilaksanakan peresmian pemakaian Pentas Seni Pantai Kata yang menggunakan dana Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan sekaligus Launching Calender of Event (COE) Kota Pariaman Tahun 2021, dimana ada 45 kaleder event yang akan ditampilkan sepanjang tahun 2021 ini oleh Walikota Pariaman, Genius Umar. (***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional