Close

Menuju Tujuan Wisata Dunia di Kota Pariaman, Ramaikan Objek Wisata dengan Berbagai Iven

IKUTI—Wako Genius Umar ikuti acara TB Tour.

Laporan :Efanurza Kota Pariaman

Dalam mewujudkan Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata dunia, Wali Kota Pariaman H Genius Umar bersama jajarannya berkomitmen untuk setiap saat meramaikan daerahnya de­ngan berbagai jenis even. Kenapa tidak setelah hari pertama MTB Fun Bike 2022  digelar di Pantai Kata, kembali di hari kedua, MTB XCC Race 2022 dilaksanakan, masih bertempat di Pantai Kata Pa­riaman. “MTB XCC Race merupakan balap sepeda gunung (MTB Race), yang umumnya dilakukan pada jalanan off road, baik alami maupun buatan, dan beberapa rute bisa melintasi jalan on road, tetapi dengan batasan tertentu,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ko­ta Pariaman  Dwi Marhen Yono, kemarin.

Katanya, untuk peserta yang ikut kompetisi XCC Race ini berjumlah seba­nyak 136 peserta, melebihi dari target sebelumnya yang diperkirakan seba­nyak 100 orang peserta. Kompetisi ini memperebutkan hadiah   total sebesar 36 juta rupiah, yang sumber dananya berasal dari hasil sinergi Pemerintah Kota Pariaman dengan Kementerian Pariwisata.

Marhen menyebutkan ada 10 Kategori yang di­perlombakan di XCC Race ini, diantaranya adalah Men Master A, Men Master B, Men Master C, Men Youth, Women Youth, Wo­men Junior, Women O­pen, Men Amatir, Men Junior, dan Men Elite.

Untuk jumlah putaran masing-masing kategori tidak sama, seperti Kategori Master A, B, dan C, mereka harus melalui lima kali putaran, untuk mencapai target 10 km yang telah ditetapkan oleh panitia, karena rute yang dilalui adalah lebih kurang sepanjang 2 km, kategori women open hanya satu kali putaran, dan kategori lainnya juga tidak sama. Untuk tahun 2022 MTB XCC Race diikuti oleh da­erah Jambi, Dumai, Pekanbaru,  Medan, Padang,  Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang , Padangpariaman , dan Kota Pa­riaman.

“Semoga MTB XCC Ra­ce ini menjadi agenda rutin setiap tahunnya,  dan kedepannya tidak hanya dari Sumatera saja pesertanya, akan tetapi sudah merambah ke Tingkat Nasional,” ujar Marhen.

Sementara itu, Ziko Purmindo dari club ISSI Payakumbuh salah satu peserta XCC Race, dan juga peraih Juara I Kategori Master A menyatakan, beliau sangat senang sekali mengikuti kompetisi ini, karena selain tracknya yang cukup menantang juga rutenya melewati spot-spot wisata yang menarik, seperti melewati hutan Pinus disekitar pantai, harus melalui pasir pantai yang cukup menguras tenaga, dan melewati jalan-jalan di sepanjang pantai kata. “Kalau bisa kompetisi seperti ini tidak hanya digelar satu kali saja dalam setahun, akan tetapi kalau dapat bisa dilakukan dua kali dalam setahun, karena mempunyai lokasi dan track yang me­nan­tang dan indah,” ujarnya.

Ziko menjelaskan, banyak anak-anak muda berbakat yang bisa mengikuti kompetisi seperti ini, karena selain bisa olahraga, mereka juga bisa me­nikmati keindahan wisata yang ada di Kota Pariaman. Yang pasti rutenya mantap, dan tracknya me­nantang.

Sementara Walikota Pariaman H Genius Umar menutup event mountain bike tour de Pariaman (MTBTDP) tahun 2022.  Ge­nius Umar memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih khusus­nya kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) RI yang telah mendukung penuh event – event pariwisata di Kota Pariaman.

“Sore ini kita menutup rangkaian MTB Tour De Pariaman 2022. Setelah kemaren sukses dengan Fun Bike, hari ini kelas MTB XCC Race yang diikuti oleh Atlit yang datang dari Regional Sumatera dan Indonesia. Para pemenang pada event ini berhasil meraih uang tunai dengan total keseluruhan Rp 36 jt. Tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan medali dan plakat, “ ungkapnya.

Iven MTBTDP Tahun 2022  selain sebagai event wisata pertama yang dilaksanakan di Sumatera Barat, juga sebagai ajang pengenalan destinasi wi­sata yang ada di Kota Pariaman, karena para peserta tidak hanya dari Suma­tera melainkan dari beberapa daerah di Indonesia. “Kita mengucapkan terimakasih kepada para Atlit yang telah datang meramaikan MTB Tour de Pa­riaman 2022. Selamat kepada para pemenang, dan kita berharap, kegiatan ini dapat dilaksanakan untuk tahun-tahun selanjutnya dengan peserta yang le­bih luas lagi,“ tambahnya mengakhiri.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top